Jelang Pilkada 2024 Purwakarta, 100 Anggota TPS se-Kecamatan Darangdan Dilantik

Daerah137 Dilihat

Reformasiaktual.com//Kabupaten Purwakarta-
Menyongsong hajat demokrasi pemilihan kepala daerah yang beberapa bulan lagi terlaksana, diinisiasi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Purwakarta diadakan rapat kerja sekaligus penandatanganan pakta integritas.

Sebagaimana dilaksanakan di Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta pada hari Rabu, tanggal 5 Juni 2024, bertempat di sekretariat Desa Lingga Mukti Kecamatan Darangdan.

Kepala daerah yang akan dipilih pada pemilu kali ini yakni Gubernur Jawa Barat dan wakil serta Bupati Purwakarta berikut wakilnya.

Selain dilaksanakan pelantikan sumpah dan pelantikan juga diberikan pembekalan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kecamatan Darangdan.

Pada prosesinya pelantikan dipimpin oleh, Pupud Ketua PPK Kecamatan Darangdan. Hadir dalam kesempatan tersebut Camat Darangdan, Drs, Alidrus Nurhasan, Kapolsek, AKP, Yoga Prayoga, S.H, Danramil yang diwakili, Peltu, H. Kusnadi serta para kepala desa se-kecamatan Darangdan.

PTPS yang dilantik sejumlah 100 orang tersebut diberikan pengucapan sumpah dan pelantikan. Lalu dilakukan pembekalan kepada PTPS tentang tugas dan fungsi PTPS, serta teknis pelaksanaan pemilu.

Melalui sambutannya Ketua PPK Kecamatan Darangdan menyampaikan bahwa PTPS memiliki peranan strategis terhadap terciptanya pelaksanaan pemilu yang jujur, adil dan demokratis.

“Oleh sebab itu, selain harus memiliki pemahaman yang baik tentang peraturan perundang-undangan pemilu, juga harus bisa bersikap netral dan profesional dalam menjalankan tugasnya,” ujar Pupud.

Lanjut Pupud, PTPS memiliki tugas dan fungsi untuk mengawasi jalannya pemungutan suara di TPS serta memiliki kewenangan untuk menegur, menghentikan, dan melaporkan pelanggaran pemilu.

“PTPS harus memahami tugas dan fungsinya dengan baik, serta memiliki keberanian untuk bertindak jika terjadi pelanggaran pemilu,” tambahnya.

Sementara Camat Darangdan, Alidrus Nurhasan mengatakan rapat kerja dan pembekalan kepada PTPS diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi dalam menjalankan tugasnya. Dengan demikian, kata dia, PTPS dapat berperan secara optimal dalam mengawal pelaksanaan pemilu.

“PTPS adalah ujung tombak pengawasan Pemilu di tingkat TPS mereka memiliki peran krusial dalam memastikan jalannya Pemilu yang jujur, adil, dan berintegritas,” tuturnya.

Alidrus, mengharapkan kepada yang sudah dilantik agar mampu melaksanakan tugasnya dengan optimal, bekerja dengan penuh semangat serta menjunjung tinggi nilai-nilai integritas.

“Kepada PPK Kecamatan Darangdan Saya apresiasi yang sebesar-besarnya atas penyelenggaraan kegiatan pelantikan dan pembekalan PTPS ini. Dan sebagaimana harapan kita semua, semoga Pemilu Serentak Tahun 2024 di Kecamatan Darangdan berjalan lancar, aman,” tutupnya.

(Asker RA Red