Isak Tangis Haru Iringi Pelepasan 222 JCH Oleh Bupati Tapsel

Daerah1629 Dilihat

TAPSEL – Isak tangis iringi pelepasan jemaah calon haji (JCH) Tapsel saat Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu melepas 222 calon jemaah haji dari Asrama Haji Medan menuju Bandara Kuala Namu International Airport (KNIA).

Suasana haru pun pecah saat suara azan dan gema kalimah talbiyah mengiringi prosesi pemberangkatan jemaah calon haji menuju Bandara Kuala Namu International Airport (KNIA) Deli Serdang, yang akan berangkat menuju Jeddah (Tanah Suci Mekkah) pada Jumat (7/6) pagi.

Sejumlah JCH meneteskan air mata saat talbiyah “Labbaika allahumma labbaik, Labbaik laa syariika laka labbaik” dibacakan.

Bupati Tapsel Dolly Pasaribu yang hadir bersama Ketua TP PKK Ny Rosalina Dolly Pasaribu di acara prosesi pelepasan JCH mengingatkan para jemaah calon haji untuk tetap jaga kesehatan agar diberi kemudahan dalam melaksanakan ibadah haji, serta selamat pergi dan selamat kembali ketanah air, dengan membawa predikat haji yang mabrur dan hajjah yang mabrurah,” ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati berpesan kepada para jemaah calon haji untuk tanamkan sejak dini, niat yang tulus dan ikhlas untuk tujuan ibadah semata-mata dengan mengharapkan ridho Allah SWT.

“Kami pemerintah daerah beserta seluruh elemen masyarakat, selalu senantiasa mendoakan, mudah-mudahan bapak/ibu diberikan kelancaran, kesehatan dan kemudahan dalam melaksanakan aktivitas ibadahnya,” ungkapnya.

Terakhir, kemarin saya sudah perintahkan ke perangkat pemerintah untuk melihat rumah para jemaah calon haji/hajjah yang ditinggal selama melaksanakan ibadah haji agar tetap di perhatikan.

“Saya minta kepada Bapak dan Ibu Camat, Kepala Desa, Kepling, Kadus lihatlah rumah keluarga kita ini, supaya tidak ada lagi kekhawatiran dalam melaksanakan ibadah haji sehingga benar-benar khusuk dalam melaksanakan rukun-rukun haji, baik wajib maupun sunnah dan menghindari segala larangan selama di tanah suci,” pinta Dolly.

Sebelumnya Kasi Haji Kemenag Tapsel Firmansyah Pasaribu, JCH Tapsel yang berangkat ke tanah suci tahun 2024 ada 222 orang dengan rincian sebanyak 220 orang tergabung dalam kloter 23, sedang tambahan kuota dua orang tergabung di kloter 25 embarkasi Medan. Satu JCH gagal karena meninggal dunia.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Ainul Bahri Pohan mengatakan, seluruh kegiatan prosesi pemberangkatan JCH mulai dari Masjid Syahrun Nur Sipirok menuju Asrama Haji Medan, dan dilepas menuju Bandara Kuala Namu International Airport (KNIA), seluruhnya berjalan lancar.

“Alhamdulillah, seluruh proses pemberangkatan 222 JCH Tapsel yang dilepas Pak Bupati berjalan lancar sesuai dengan rencana. Selamat jalan tamu-tamu Allah,” kata Ainul.

Menurut jadwal, Jumat (7/6), pukul 11.15 WIB, kloter 23 akan diberangkatkan dari Asrama Haji Medan menuju Bandara Kualanamu dan pukul 12.45 WIB take off menuju Bandara King Abdul Aziz International Airport dengan menggunakan Pesawat Garuda Indonesia (GA) 3123. (Prokopim Tapsel)