Pelantikan 6 Ketua RW Periode 2024 – 2029 Desa Jambudipa Kecamatan Cisarua Bandung Barat

Daerah90 Dilihat

Reformasiaktual.com//Cisarua Bandung Barat-
Pemerintah Desa Jambudipa, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), melaksanakan Pelantikan 5 Ketua Rukun Warga terpilih untuk masa jabatan 2024 – 2029, pada Jum’at tanggal 14 Juni 2024 di Aula Desa Jambudipa, pada pukul 13:, 00 WIB. Acara yang di hadiri oleh Camat Cisarua Drs Taufik Firmansyah M.Si, yang diwakili oleh Kasipem Sholeh Muslihat S.Sos, Kepala Desa Jambudipa Cece Suryadi S.Ip, Ketua BPD Desa Jambudipa Drs Didi Suryadi S.E, MUI Desa Jambudipa Ustadz Ceceng S.Ag, Bhabinkamtibmas Aiptu Indra, Babinsa Peltu Suhandi, perangkat Desa Jambudipa dan stap para Ketua RT / RW se-Desa Jambudipa serta keluarga Ketua RW terpilih, tokoh Agama, Tokoh masyarakat dan karang taruna. Jum’at (14/06/2024)

Tentunya besar harapan agar para Ketua RW mereka yang terpilih mampu memimpin dan mengayomi masyarakatnya dan amanah pada masa baktinya menjadi RW.

Kepala Desa Jambudipa Cece Suryadi S.Ip, dalam sambutannya mengajak para pengurus RT dan RW untuk menyejahterakan masyarakat di wilayahnya. Cece meminta agar RT/RW terus menjalin kerjasama yang baik diantara sesama pengurus dan antara pengurus dengan warga, serta terus berkoordinasi dengan Desa dan Kepala Dusun Wilayahnya Masing-masing. Dirinya berharap para pengurus RT dan RW menjadi perpanjangan tangan dari Pemdes untuk menyampaikan program – program pemerintah yang berkaitan dengan pembangunan fisik maupun non fisik kepada warganya.

Menurut Kepala Desa Cece Suryadi pekerjaan menjadi RT/ RW yang akan merukunkan tetangga dan warga bukanlah sebuah pekerjaan mudah. “Terkadang banyak hujatan yang diterima ketimbang pujian. Apalagi yang berhubungan dengan pendanaan dan Bantuan. Kalau tidak didata pasti RT / RW-nya akan dihujat warga. Menjaga warga memang sulit. Tetapi karena sudah dipilih dan dipercaya warga, ini menjadi sebuah amanah yang harus diemban,” ujarnya

Ketua BPD Didi Suryadi menambahkan dalam rangka pemberdayaan masyarakat, RT dan RW sebagai mitra kerja Pemerintahan Desa, mempunyai tugas yakni memberikan pelayanan kepada masyarakat yang menjadi tanggung jawabnya, memelihara kerukunan hidup warga, menggerakkan swadaya gotong-royong, menampung aspirasi masyarakat, menyusun rencana dan melaksanakan pembangunan berdasarkan aspirasi dan swadaya murni masyarakat serta membantu kelancaran tugas pokok Desa dalam bidang pembangunan di wilayahnya.

Ketua Forum RW Desa Jambudipa H.Ir Toyib Bunyamin, juga tidak lupa berterimakasih dan memberikan apresiasi kepada pengurus RT / RW yang baru karena menurutnya sekarang ini banyak warga yang enggan untuk menduduki jabatan ketua RT maupun RW. “Berbicara ketua RT/RW, sekarang ini warga saling berebut. Namun bukan berebut ingin menduduki jabatan tersebut, tetapi berebut untuk menolak,” pungkasnya

Camat Cisarua Drs Taufik Firmansyah M.Si, yang diwakili Kasi Pemerintahan Sholeh Muslihat S.Sos, menyampaikan Terimakasih serta apresiasi yang tinggi atas kekompakan para ketua RW dan RT yang begitu antusias dalam acara ini, begitu juga saya mengucapkan selamat kepada Ketua Rw yang baru dilantik maka bekerjalah dengan ikhlas, dengan penuh rasa tanggung jawab dalam melayani warganya dengan istiqomah, mari optimalkan pelayanan terhadap masyarakat dan bekerja dengan penuh Tanggung Jawab. Beliau juga menyampaikan pesan kepada Ketua RW dan Ketua RT harus bisa merukuni warganya, Karena RT dan RW perpanjangan tangan dari pemerintah dalam menyampaikan informasi

Informasi kepada warga nya. Sholeh Muslihat juga menekankan kepada semua RW agar sudah waktunya untuk bisa belajar mandiri untuk pengolahan sampah di rumah masing – masing agar mengurangi volume sampah yang nanti nya akan diangkut oleh petugas nya.

Sementara Aan Iyus,” selaku ketua RW terpilih dalam sambutan nya akan mempertahankan amanah warga,serta mengedepankan pelayanan semua administrasi yang dibutuhkan oleh warga serta akan mentuntaskan pembangunan yang belum terealisasikan,” ungkapnya

Kegiatan Pelantikan ini dihadiri oleh Camat Cisarua, Kepala Desa Jambudipa, Ketua BPD Desa Jambudipa, Ketua MUI Desa Jambudipa dan Seluruh Perangkat Desa dan Ketua RW dan RT, yang masih menjabat sampai saat ini, tokoh Agama, tokoh Masyarakat, tokoh Pemuda, dan para tamu undangan lainnya. Pelantikan ini dimulai dengan pembacaan SK, dilanjutakan dengan Sumpah, dan Doa. Adapun Nama –nama Rt Rw yang dilantik :

  1. Ketua RW 09 Aan Iyus Sukandi
  2. Ketua RW 06 Nurohman
  3. Ketua RW 07 Hendri Ardiansyah
  4. Ketua RW 11 Sutikno
  5. Ketua RW 17 Dedi Suherman

Semoga dengan dilantiknya Ketua RW Priode 2024 sampai 2029 bisa menjalani amanah dan tugas yang baik dan dapat membantu program Kerja Pemerintah Desa Jambudipa, Umumnya Pemda Bandung Barat, Jawa Barat.

Journalist Aan iyus RA Jejen Jaeni R