Magnai Momentum Idul Adha 1445 H SMKN 1 Cisarua Berbagi Daging Qurban Mengajarkan Kepedulian Sejak Dini

PENDIDIKAN83 Dilihat

Reformasiaktual.com//Cisarua Bandung Barat-
Hari raya idul adha merupakan momen yang dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia, terutama mereka yang sedang melaksanakan haji pada bulan dzulhijjah. Momen penting ini tak lepas dari kegiatan berqurban. Pelaksanaan qurban oleh OSIS SMK Negeri 1 Cisarua, berlangsung sukses bertempat di halaman sekolah SMK Negeri 1 Cisarua, Jalan Kol, Masturi, Desa Jambudipa, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat,” Selasa (18/06/2024).

Penyembelihan hewan qurban dimulai Pukul 08.00 WIB oleh Waka Kesiswaan, Penyembelihan hewan qurban ini bertujuan untuk mengajarkan pada para siswa-siswi bagaimana cara menyembelih hewan qurban yang baik dan benar.

Kepala sekolah, Raden Uung Syarif Kurnia S.Pd, M.T. mengatakan, kegiatan penyembelihan qurban ini merupakan kegiatan rutin sekolah tiap tahunnya yang digerakkan oleh pengurus osis. “Alhamdulillah hari pagi ini, kita bisa melaksanakan kegiatan penyembelihan hewan qurban dengan lancar.

” Kegiatan ini merupakan hasil dari pengumpulan uang yang dilakukan oleh seluruh siswa-siswi SMK Negeri 1 Cisarua. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan para siswa-siswi untuk berqurban sejak dini serta melatih kepedulian mereka terhadap sesama, terutama kepada orang-orang di sekitar yang membutuhkan.

Dengan pembagian daging hewan qurban ini, diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat yang membutuhkan dan memberikan mereka kesempatan untuk merayakan hari raya dengan lebih meriah.

Kegiatan ini juga melibatkan partisipasi aktif dari para guru dan staf sekolah, yang turut serta dalam proses pengumpulan dana, pembelian hewan qurban, hingga pendistribusiannya. Hal ini diharapkan dapat memberikan contoh nyata kepada para siswa – siswi mengenai pentingnya gotong royong dan saling berbagi.

Harapannya semoga apa yang telah diberikan oleh para guru serta siswa-siswi SMK Negeri 1 Cisarua , ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang menerimanya. Semoga pula, kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut dan menjadi tradisi yang baik di lingkungan sekolah, sehingga dapat terus menumbuhkan rasa kepedulian dan kebersamaan di antara seluruh warga sekolah dan masyarakat sekitar,” pungkasnya

Sementara itu, Zainul Arifin S.Pd, M.Pd, Wakil Ketua Kesiswaan mengatakan, ada beberapa ekor hewan qurban yang disediakan pada tahun ini.,” ada 8 ekor kambing yang disediakan oleh siswa -siswi panitia,” paparnya.

Selaku Wakil Ketua Kesiswaan SMK Negeri 1 Cisarua, Bandung Barat dengan adanya Qurban, ini suatu pembelajaran dengan 8 ekor kambing, menjadi modal pembelajaran, cara Qurban yang baik dalam pemotongan, pengkulitan dan pengelolaan dan pendistribusian dapat berjalan dengan baik. Penyembelihan hewan Qurban tersebut terlaksana atas kerjasama sekolah, para guru, dan orang tua murid di sekolah dan di bimbing oleh Ustadz Yusuf Al Buchori S.Ag.

Tujuan penyelenggaraan pemotongan hewan qurban tersebut dimaksudkan untuk menumbuhkan kembangkan sikap kepedulian dan rela berkorban, para siswa/-siswi disekolah. Tujuan penting lainnya adalah bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya pula untuk meningkatkan karakter dan wawasan keislaman di sekolah. Semoga amal ibadah dan niat baik semua pihak dalam kegiatan tersebut, dapat menambah manfaat dan nilai positif baik bagi pihak sekolah, dan khususnya bagi para siswa-siswi dilingkungan sekolah,” terangnya.

Sebagai ketua OSIS SMKN 1 CISARUA Rischa Nuraini Lubis. pada pagi hari. Penyembelihan dilaksanakan oleh Bapak Ibu guru serta dibantu oleh siswa-siswi dari pengurus OSIS. Setiap sebelum dilaksanakan penyembelihan dibacakan oleh para siswa peruntukan kurban tersebut. Terutama penyembelihan dari kurban individu yang ikut disembelih di SMKN 1 Cisarua.

Pelaksanaan latihan kurban ini merupakan pembiasaan untuk berkurban pada saat Idul Adha 1445 Hijriah yang difasilitasi sekolah kepada seluruh warga. Pembiasaan tersebut bukan merupakan keputusan yang harus dilaksanakan oleh seluruh siswa – siswi SMKN 1 Cisarua, Jika ada orang tua atau wali menyatakan tidak mampu berkontribusi dalam iuran kurban, mereka justru malah mendapatkan hasil daging kurban yang telah disembelih di sekolah. Kepedulian terhadap sesama serta kebiasaan untuk saling membantu terus dipupuk melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan di sekolah.

Dalam acara qurban tahun ini. “Jujur, pelaksanaan qurban tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya, karena tahun kemarin hanya memotong 3 ekor kambing,” ungkapnya.

Selepas pemotongan hewan qurban, Ketua Osis SMK Negeri 1 Cisarua Rischa Nuraini Lubis membantu panitia dalam mengemas daging qurban untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar. “Alhamdulillah, seneng masih bisa berbagi lewat acara qurban yang dilaksanakan di sekolah. Semoga bisa tetap istiqomah di tahun-tahun berikutnya,” ucap Rischa Nuraini Lubis dan anggota panitia Qurban SMK Negeri 1 Cisarua.

Team RA ***

Posting Terkait

Jangan Lewatkan