Hari Jadi Kabupaten Bandung Barat Ke 17 Pj Bupati Ade Zakir Pentingnya Sinergitas dan Kolaborasi dari Seluruh Stakeholder

Daerah57 Dilihat

Reformasi aktual.com//Bandung Barat
Pemda Bandung Barat merayakan hari jadinya yang ke- 17 dengan serangkaian acara yang penuh makna. Upacara peringatan dipimpin langsung oleh Pj Bupati Bupati Bandung Barat Drs Ade Zakir yang digelar di lapangan Mekarsari Pemda Bandung Barat,” Rabu, (19/06/2024).

Upacara tersebut dihadiri oleh seluruh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Ciamis, Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota TNI, organisasi masyarakat (Ormas), serta para pelajar dan tamu undangan lainnya

Hari jadi Kabupaten Bandung Barat ke-17 dengan slogan menuju hari esok lebih baik digelorakan, Pj Bupati Bandung Barat, Ade Zakir. Seperti diketahui, slogan itu pernah dipakai mantan Bupati Kabupaten Bandung Barat, Alm H.Abubakar.

“Mari kita jadikan peringatan Hari Jadi ke-17 Kabupaten Bandung Barat ini sebagai momentum untuk terus menggelorakan semangat bersama hari esok lebih baik,” ujar Ade Zakir,,” tuturnya.

PJ Bupati Bandung Barat Ade Zakir menekankan pentingnya sinergitas dan kolaborasi dari seluruh stakeholder, termasuk pemerintah daerah, pemerintah Desa, masyarakat, dan sektor swasta.

PJ Bupati Bandung Barat Ade Zakir juga mengakui banyaknya kemajuan yang telah dicapai selama 17 tahun terakhir, yang tidak lepas dari peran serta seluruh elemen masyarakat. “Hal ini merupakan bentuk nyata upaya perwujudan dari motto Kabupaten Bandung Barat, yaitu ‘Wibawa Mukti Kerta Raharja’,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ade Zakir menjelaskan makna motto tersebut. “Wibawa Mukti artinya suatu tatanan kehidupan yang mencerminkan tekad dan keinginan kuat dalam menata kehidupan yang lebih baik untuk mencapai kesejahteraan. Kerta Raharja adalah tatanan kehidupan yang didambakan masyarakat, yaitu sejahtera lahir maupun batin, dengan ridho Tuhan Yang Maha Esa.”

Tema peringatan kali ini, “Sasareungan Ngawangun Lembur,” yang berarti “bersama-sama membangun Kabupaten Bandung Barat tanpa meninggalkan adat istiadat dan budaya,” menjadi harapan besar bagi pemerintah dan masyarakat.

PJ Bupati Ade Zakir juga menyampaikan apresiasi atas berbagai prestasi yang telah dicapai Kabupaten Bandung Barat, termasuk penurunan tingkat kemiskinan, peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 70,33 pada tahun 2023, serta peningkatan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan per kapita.

“Pada APBD tahun anggaran 2023, pendapatan ditargetkan sebesar Rp. 3,375 triliun terealisasi sebesar Rp. 3,019 triliun atau mencapai 89,46%,” terangnya.

Kabupaten Bandung Barat kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia untuk keempat kalinya atas laporan keuangan pemerintah daerah.

“Ini merupakan komitmen kami untuk terus meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan pembangunan di wilayah Kabupaten Bandung Barat. PJ Bupati Ade Zakir mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang tahapannya sudah dimulai.

Pilkada serentak di Jawa Barat dan di Kabupaten Bandung Barat, harapan semoga melahirkan pemimpin-pemimpin yang amanah, shiddiq, tabligh, dan Fathonah, semoga Allah SWT senantiasa memberikan perlindungan dan meridoinya,” Dirgahayu ke-17 Kabupaten Bandung Barat.

Dalam amanatnya, Pj Bupati Bandung Barat menekankan bahwa peringatan hari jadi Kabupaten Bandung Barat ke-17 sejatinya merupakan milik seluruh masyarakat.

“Oleh karena itu, makna dan hikmah dari peringatan ini harus dapat dipahami, diikuti, dan dinikmati oleh seluruh masyarakat,” pungkasnya

A2n Team RA***