ALBHA 3 Bantul Tahun 2015 Gelar Pengajian Rutin di Masjid Al Muhajirin Sedayu

Rohani/Agama103 Dilihat

Reformasiaktual.com//Bertempat di Masjid Perum Griya Kencana Permai Sedayu telah digelar pengajian rutin Ahad Wage ALBHA 3 Tahun 2015 (23/06/2024).

Sebelum tausyiah diadakan tadarus Al-Quran dipimpin Bapak Haryanto. Pada kesempatan tersebut tausiyah disampaikan oleh ustad Drs.Nanang Nuryanta,M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa menjaga kemabruran itu tidak mudah. Karena setan selalu menggoda manusia dari segala arah, setiap saat, sampai akhir hayat. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

فَاَ زَلَّهُمَا الشَّيْطٰنُ عَنْهَا فَاَ خْرَجَهُمَا مِمَّا كَا نَا فِيْهِ ۖ وَقُلْنَا اهْبِطُوْا بَعْضُكُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ ۚ وَلَـكُمْ فِى الْاَ رْضِ مُسْتَقَرٌّ وَّمَتَا عٌ اِلٰى حِيْن

“Lalu, setan memerdayakan keduanya dari surga sehingga keduanya dikeluarkan dari (segala kenikmatan) ketika keduanya di sana (surga). Dan Kami berfirman, “Turunlah kamu! Sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain. Dan bagi kamu ada tempat tinggal dan kesenangan di bumi sampai waktu yang ditentukan.” (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 36)

Siapa yang tidak bisa digoda oleh setan, yaitu orang yang ikhlas (muhlisin). Ditambahkan oleh Ustad Drs.Nanang Nuryanta,M.Pd., ada 10 hal yang dilakukan setan untuk menggoda manusia. Yiatu:

  1. Memandang Baik Perbuatan yang buruk (At Tazyin)
  2. Melakukan Tipu Daya (Talbis)
  3. Menunda Manusia untuk Bertaubat (Taswif)
  4. Membisikkan Kejahatan
  5. Membuat Lupa Larangan
  6. Menumbuhkan Angan-Angan Kosong
  7. Menyampaikan Janji-Janji Palsu
  8. Memalingkan Manusia dari Jalan Allah
  9. Menanamkan Permusuhan
  10. Menimbulkan Perselisihan

Diharapkan dengan diadakannya kegiatan pengajian secara rutin tersebut, sebagai salah satu ikhtiar menjaga kemambruran setelah beribadah haji, tambah Rintok Juhirman salah satu Alumni Bimbingan Haji Aisyah Rombongan 3 Kabupaten Bantul Tahun 2015.

(Yuni nada RA)