Kisah Seorang Kuli Bangunan Berjalan Di Pinggir Jalan Tol Purbaleunyi, Ditolong Polisi

TNI/Polri107 Dilihat

Reformasiaktual.com//Dalam video berdurasi 1.30 menit yang kemudian tersebar di media sosial dan menjadi viral itu, terlihat seorang pemuda dengan membawa tas ransel hitam berjalan kaki di tepi Jalan Tol Purbaleunyi, Bandung arah Jakarta.

Hingga kemudian ada mobil Patwal Polisi yang berhenti dan mengajak pemuda itu untuk masuk ke dalam dan membawanya.

Belakangan diketahui, mobil Patwal Polisi itu tengah dibawa patroli oleh Bripka Rizky Hikmat Setiawan, 35, yang berdinas di unit Patwal Satlantas Polres Cimahi.

Sementara pemuda yang berjalan di pinggir Jalan Tol Purbaleunyi alias Purwakarta- Bandung- Cileunyi tersebut adalah seroang kuli bangunan.

Atas viralnya video dirinya memberi tumpangan seorang kuli bangunan itu, Rizky bercerita, awalnya dia tugas patroli seperti biasa pada pagi hari sekira pukul 09.00 WIB.

“Saya masuk dari Gerbang Tol Baros 2. Rute patrolinya dari Cimahi menuju Gerbang Tol Padalarang,” ucap Rizky.

Dari kejauhan, Rizky pun melihat ada seorang pria berjalan kaki menggendong ransel berwarna hitam.

Dia kemudian menyalakan kamera HP yang ditaruh di dashboard mobil patrolinya. Hingga terjadilah dialog antara Rizky dengan pemuda yang ternyata kuli bangunan itu.

Tak diduga, kuli bangunan itu ternyata menyimpan cerita yang sangat mengharukan.

Sebab, dia ternyata sudah berjalan kaki dari Cileunyi Kabupaten Bandung menuju daerah Cikandang, Cimareme, Kabupaten Bandung Barat selama semalaman, tanpa tidur.

Kuli bangunan itu juga mengatakan jika dia tak makan, bahkan untuk sekadar minum pun dia hanya mengambil dari air dalam botol bekas yang dibuang pemiliknya.

“Saya tanya sudah makan dan minum belum? Dia bilang belum. Kalau minum, dia ambil botol air bekas orang terus diminum,” papar Rizky.

Pemuda kuli bangunan itu terpaksa melakukan hal ekstrem tersebut karena tak punya ongkos atau biaya untuk naik kendaraan umum.

Mengapa bisa tak punya uang padahal bekerja sebagai kuli bangunan?

Pemuda itu bercerita, awalnya dia memang kerja di proyek.

Namun sudah lebih dari satu bulan bekerja, dia tak mendapat upah atau gaji. Sehingga dia terpaksa kabur dari tempat kerjanya.

“Kerja tadinya, Pak. Kerja proyek. Tapi enggak dibayar udah sebulan,” ucap pemuda tersebut.

“Ya udah kabur, enggak betah,” imbuh dia.

Rizky pun benar-benar tak kuasa menahan haru mendengar cerita pemuda kuli bangunan itu.

Rizky akhirnya membantu pemuda itu, dengan mengajak sarapan di pos polisi Simpang Padalarang, dan juga membekali pemuda tersebut dengan sembako dan sedikit uang untuk ongkos pulang.

Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono menambahkan bahwa pimpinan selalu menghimbau kepada seluruh anggotanya untuk terus berbuat kebaikan, dan betul polisi yang viral itu adalah anggota Sat Lantas Polres Cimahi.

Dikeluarkan oleh Bid Humas Polda Jabar