MPLS DAN SILATURAHMI ORANG TUA PESERTA DIDIK BARU RA AS-SHOLIHIN

PENDIDIKAN204 Dilihat

Reformasiaktual.com // Bandung Barat
Sebanyak 85 Murid siswa baru Raudhatul Athfal (RA) As-Sholihin jalan kol, Masturi, Desa Jambudip, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, antusias mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dilaksanakan selama dua Minggu. Dari 15-29 Juli 2024.

Dengan adanya MPLS yang dikemas dengan berbagai macam kegiatan dengan tujuan untuk membantu anak-anak RA As-Sholihin dalam mengenal lingkungan sekolahnya dengan baik serta mengantarkan anak-anak dalam mengenal kegiatan yang akan dilakukan saat di sekolah. Seperti pada kegiatan yang dimulai dengan mengenal area lingkungan sekolah, kegiatan jurnal pagi, tata cara BAK dan BAB atau toilet training yang baik, pengenalan sentra berserta Ape di 6 sentra, kegiatan berwudhu dan kegiatan Tahsin Tahfizh.

Mewujudkan keunggulan Roudhatul Athfal (RA) yang mampu mempersiapkan generasi yang Islami, cerdas, kreaktif untuk melatih dan membiasakan anak-anak dengan akhlaq Islami dan mengajarkan aqidah dengan pendekatan kisah nyata melalui al qur’an, siroh nabawi, dan kisah sahabat. Maka pertemuan yang diselenggarakan oleh RA As-Sholihin, pada hari Senin 15 Juli 2024 mengajak orang tua untuk ikut serta dalam Masa Pengenalan lingkungan sekolah ( MPLS ) dan mempererat silaturahmi serta menyerahkan seragam baru bagi peserta didik baru tahun ajaran 2024/2025.

Pertemuan ini untuk memaparkan dan pengenalan lingkungan sekolah serta program belajar, aturan untuk peserta didik dan orang tua yang disampaikan Tintin Ratnapuri S.Pd.I., sebagai kepala RA As-Sholihin. Dalam proses pembelajaran RA menerapkan untuk pengenalan bagi peserta didik baru yaitu dengan mendahulukan akhlak sejak dini dan adab dalam mengerjakan sesuatu yang baik.

Adapun kegiatan yang dilakukan untuk pertama-tama bagi peserta didik baru RA As-Sholihin yaitu dengan meyenangkan mereka dengan mengenal lingkungan dan mengajarkan adab-adab yang baik sejak dini. Program belajar RA As-Sholihin untuk anak didik baru dengan mengajarkan dari dasar dengan metode pembelajaran Al-qur’an yang sangat tepat untuk seluruh kaum muslimin yaitu Wafa 1, membaca ayat- ayat al-qur’an dan dzikir pagi.

Untuk kegiatan RA As-Sholihin sementer awal anak-anak akan mengikuti manasik haji, berkunjung ke perpustakaan dan mengajarkan bisnis kreatif kepada anak-anak.

Beberapa pemaparan untuk aturan yang diterapakan oleh peserta didik baru dan orang tua yaitu :

Aturan untuk peserta didik baru RA As-Sholihin

  1. Mendisiplinkan tepat waktu masuk dan pulang.
  2. Tidak diperkenankan memakai perhiasan bagi akhwat RA As-Sholihin
  3. Tidak diperkenankan membawa makanan ringan atau cemilan.
  4. Tidak dibenarkan membawa Gadget atau Handphone.
  5. Menggunakan pakaian dalam yang sopan untuk akhwat dan membawa pakaian ganti.
  6. Tidak diperbolehkan merayakan ulang tahun kecuali bersedekah jika berkecukupan untuk dibagi ke sesama anak-anak RA As-Sholihin

Aturan untuk orang tua :

  1. Mengantar dan menjemput dilingkungan RA As-Sholihin
  2. Tidak diperkenankan Merokok di area lingkungan RA As-Sholihin
  3. Menutup aurat saat mengantar dan menjemput anak-anak RA As-Sholihin
  4. Memberi informasi pada guru atau staff RA As-Sholihin apabila ada pengganti penjemput.
  5. Pengantar dan penjemput diperkenan hanya sampai dibatas depan RA As-Sholihin

Dari jumlah keseluruhan 124 siswa-siswi ada 85 peserta didik baru RA As-Sholihin tahun ajaran 2024/2025 dengan jumlah 5 kelas mendapatkan seragam baru yang akan digunakan.

Jenis seragam RA As-Sholihin

  • Senin menggunakan seragam biru kotak-kotak.
  • Selasa menggunakan seragam biru kotak-kotak
  • Rabu menggunakan seragam kebaya / pangsi
  • Kamis menggunakan seragam kebaya / pangsi
  • Jum’at menggunakan seragam olahraga
  • Sabtu seragam prasiaga.

Journalist Aan iyus RA Team***