30 Peserta Dari Warga Ring 1 PTSB Ikuti Pelatihan Tanggap Darurat

Daerah1766 Dilihat

BATURAJA – Pelatihan tanggap darurat bencana yang diikuti oleh 30 peserta dari warga ring 1, Kelurahan Talang Jawa, Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten Ogan Komering Ulu ( OKU)

Kegiatan pelatihan ini yang bertujuan sebagai upaya penanggulangan dan mitigasi bencana terutama saat terjadi kebakaran ini, melibatkan warga Kelurahan Talang Jawa sebagai peserta. Unit of Safety, Health & Environment SMBR bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) OKU, Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) OKU dan Rumah BUMN Baturaja sebagai Satuan Tugas (Satgas) BUMN untuk mitigasi dan penanggulangan tanggap bencana.

Senior Manager of Corporate Social Responsibility (CSR) SMBR, Gili Aprial Braja menjelaskan, pelatihan penyuluhan dan pelatihan tanggap darurat penanggulangan bencana untuk warga ring 1 ini merupakan salah satu wujud komitmen Semen Baturaja dalam meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bahaya bencana.

“Warga Talang Jawa sangat antusias mengikuti pelatihan ini karena langsung diberikan materi edukasi menghadapi bencana dan simulasi cara memadamkan api oleh ahlinya dari Damkar OKU,” katanya, Kamis (18/7).

Gili menerangkan, dalam pelatihan ini, warga mendapatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam menghadapi situasi darurat bencana, mulai dari cara memadamkan kebakaran menggunakan kain yang dibasahi akibatkebocoran seal gas, cara menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) hingga teknik evakuasi yang benar jika terjadi bencana.

“Pelatihan ini merupakan langkah penting dalam mitigasi dan penanggulangan bencana, khususnya saat terjadi kebakaran dan kami berharap pelatihan ini dapat memberikan manfaat nyata bagi warga Talang Jawa dan sekitarnya,” ujar Gili.

Sementara, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD OKU, Mulyadi mengatakan, kerjasama antara BPBD OKU, Semen Baturaja, dan instansi terkait lainnya sangat penting untuk memperkuat kemampuan masyarakat dalam menghadapi bencana.Kami mengapresiasi inisiatif ini dan berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan secara berkelanjutan,” katanya singkat.(shb )