Polsek Batang Toru Sosialisasikan Bahaya Narkoba kepada Ratusan Siswa Baru di SMAN 1 Angkola Barat

TNI/Polri117 Dilihat

TAPANULI SELATAN – Waka Polsek Batang Toru, Iptu Taufik Manullang, SH, beserta Bhabinkamtibmas, Aipda Zedda Zega dan Bripka Adim L Tobing, memberi sosialisasi terkait bahaya narkoba ke ratusan siswa baru di SMAN 1 Angkola Barat, Selasa (16/07/2024) pagi.

Sosialisasi yang diajarkan terkait bahaya narkoba oleh personel Polsek Batang Toru ke ratusan siswa baru ini berlangsung saat masa pengenalan lingkungan Sekolah (MPLS) di SMAN 1 Angkola Barat. Selain sosialisasi, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi dan tatap muka dengan murid dan guru Sekolah.

Kapolsek Batang Toru, Iptu RN Tarigan, SH, menjelaskan, kegiatan sosialisasi bahaya narkoba ini adalah upaya Polri dalam mencegah peredaran barang haram tersebut di masyarakat sejak dini. Sebab, generasi muda adalah elemen penting yang harus mampu menolak narkoba.

“Jadi, kehadiran kami untuk membentengi adik-adik kita siswa baru SMAN 1 Angkola Barat. Agar, mereka tidak mudah termakan bujuk rayu para pengedar narkoba ini,” terang Kapolsek.

Kapolsek menjelaskan, pihaknya juga menyampaikan ke siswa baru, apabila melihat teman terpapar pengaruh narkoba, segera melapor ke guru atau Wali Kelas di Sekolah. Selanjutnya, guru atau Wali Kelas di Sekolah akan menindaklanjuti ke pihak Kepolisian.

“Tapi semoga, harapan kita, SMAN 1 Angkola Barat, terhindarkan dari paparan bahaya narkoba. Untuk itu, kami minta peran serta semua pihak, termasuk orangtua di Rumah agar lebih ekstra mengawasi anak-anaknya dari paparan narkoba,” ajaknya.

Menurut Kapolsek, selain sosialisasi bahaya narkoba, pihaknya juga menyampaikan ajakan untuk menjauhi berbagai perilaku yang termasuk dalam kategori kenakalan remaja. Misal, tawuran antar pelajar hingga balapan liar.

“Terakhir, kami sosialisasikan ke siswa baru terkait tertib berlalulintas. Sebab, para siswa baru ini nantinya beranjak dewasa. Sehingga mungkin akan mengenderai kenderaan sendiri. Maka di sini perlu pengetahuan tentang tertib berlalulintas,” tutupnya.

Apresiasi
Sementara, Kepala SMAN 1 Angkola Barat, Salamat Siregar, SPd, MSi, mengapresiasi jajaran Polsek Batang Toru, atas kesediaannya berbagi pengetahuan di MPLS. Menurutnya, sosialisasi bahaya narkoba ini sangat penting.

“Mengingat, para pelaku penyalahgunaan ataupun peredaran narkoba saat ini, cenderung masih berusia muda. Untuk itu, kami ucapkan terimakasih ke Polsek Batang Toru,” tuturnya.