Bupati Asmar Buka MTQ ke-XV Kecamatan Merbau,

Daerah323 Dilihat

MERANTI – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar didampingi istri Hj. Ismiatun, membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XV Kecamatan Merbau, Jumat (19/7/2024) malam, di Halaman Kantor Camat Merbau, Teluk Belitung.

Perhelatan itu akan berlangsung selama lima hari lima malam, dan diikuti 158 peserta dari 7 cabang yang dilombakan.

“Terima kasih kepada seluruh panitia MTQ yang telah bekerja keras untuk mempersiapkan dan menyukseskan acara ini,” kata Asmar.

Dia juga menyampaikan, MTQ merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya. Adapun tujuannya untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi yang tersirat dan tersurat dalam Al-Qur’an. Serta menjaring para qari dan qari’ah untuk selanjutnya mewakili kecamatan dalam mengikuti kegiatan MTQ tingkat kabupaten.

“Yang lebih utama adalah bagaimana membumikan dan menjadikan Al-Qur’an sebagai nafas kita, sebagai pegangan hidup kita yang hakiki, serta sebagai cerminan kepribadian kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari,” terangnya.

Lebih lanjut, Asmar berharap pelaksanaan MTQ dapat menjadi sarana untuk mempererat tali persaudaraan antar sesama, khususnya masyarakat Kecamatan Merbau.

“Kepada seluruh masyarakat yang hadir, marilah sama-sama kita menjaga keamanan dan ketertiban selama kegiatan MTQ ini berlangsung,” harap Plt Bupati Meranti itu.

“Terkhusus kepada panitia dan dewan hakim yang bertugas, kami harapkan agar dapat melaksanakan tugas serta tanggung jawab dengan sebaik-baiknya, senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan keadilan, serta melakukan penilaian secara objektif,” tutupnya.

Turut hadir dalam pembukaan itu, Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti H. Khalid Ali, Kakan Kemenag Meranti H. Sulman, sejumlah kepala OPD dan kepala bagian Setdakab Meranti, camat beserta Upika Merbau dan pejabat lainnya.

Hadir juga Ketua LPTQ, Ketua MUI, lurah dan kepala desa se-Kecamatan Merbau, para dewan hakim, ofisial dan kafilah MTQ, serta tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya. (Prokopim).

Laporan ( Mona )