Seni ‘Mapag Pangbagea’ Sambut Ratusan Murid Baru SDN Cibatok 03

PENDIDIKAN119 Dilihat

Bogor -Reformasi Aktual Com Kecamatan Cibungbulang Sebanyak 100 peserta didik baru SD Negeri 03 Cibatok, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, mulai masuk sekolah perdananya, Senin (15/07/2024). Mereka disambut atraksi seni budaya Sunda ‘Mapag Pangbagea’ oleh pihak sekolah.

Ratusan murid baru itu nampak sumringah menyaksikan tarian tradisional Sunda yang dibawakan oleh sejumlah murid di sekolah tersebut.

Kepala SDN Cibatok 03, Ayep Koswara, tak lupa memakaikan topi sekolah dan kalung kepada perwakilan peserta didik baru.

“Hari ini penyambutan untuk peserta didik baru kelas I. Selanjutnya akan dilangsungkan dengan masa pengenalan lingkungan sekolah atau MPLS selama 10 hari ke depan,” kata Ayep Koswara.

Menurut Ayep, atraksi seni budaya untuk menyambut murid baru sebagai bentuk pengenalan dan pelestarian seni budaya Sunda.

“Kami mencoba untuk melestarikan dan mengenalkan budaya Sunda kepada anak-anak. Sekalipun ini sederhana, tapi tidak mengubah makna upacara adat ini. Ini memberikan warna bagi anak-anak peserta didik baru, supaya mereka merasa memiliki budaya Sunda,” ungkapnya.

Ayep berharap kegiatan belajar mengajar di sekolahnya berjalan lancar, pesersa didik baru mengenal lingkungan sekolah, serta mendapat dorongan dari orangtua.

“Apalagi sekarang kita memakai kurikulum berbeda, di mana peran serta orangtua itu sekitar 40 persen dari kegiatan belajar di sekolah,” tuturnya.

Guru Olahraga dan Kesenian SDN Cibatok 03, Ahardi, menambahkan, kegiatan penyambutan seperti ini merupakan tradisi tahunan, baik bagi peserta didik baru maupun acara pelulusan.

“Itu tadi namanya ‘Mapag Pangbagea’, yang artinya menyambut dan membahagiakan anak-anak baru atau keluarga baru. Ini sekaligus mengenalkan tradisi budaya daerah kepada anak-anak usia dini. Kalau bukan kita siapa lagi, karena budaya itu merupakan jati diri,” katanya. Pungkas” ( M.yusup )