Bupati Asmar Ikuti Penanaman 2000 Bakau di Desa Mekong

Daerah411 Dilihat

MERANTI – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar, Kamis (25/7/2024) mengikuti penanaman pohon bakau secara serentak bersama Koperasi Silva Selatpanjang, di Desa Mekong Kecamatan Tebingtinggi Barat.

Dalam kegiatan memperingati Hari Mangrove Sedunia itu dilakukan penanaman sebanyak 2000 bibit bakau atau rhizophora di sepanjang bibir pantai Desa tersebut.

Asmar sangat mengapresiasi aksi penanaman secara serentak itu. Menurutnya, upaya itu dapat melestarikan lingkungan serta mencegah terjadinya abrasi di sekitar bibir pantai.

“Terima kasih atas kepeduliannya. Kami sangat bersyukur kegiatan yang bermanfaat ini, jelas untuk melindungi pantai kita dari abrasi dan menjaga ekosistem serta habitat di dalamnya,” ujarnya.

Dia berpesan bahwa kegiatan serupa tidak hanya berupa seremonial belaka, tapi juga dilakukan secara berkelanjutan oleh masyarakat sekitar.

“Kami dari Pemkab sangat mendukung untuk program-program positif seperti ini, apalagi berkaitan untuk lingkungan,” tutur Asmar.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tebingtinggi Afidian Suherdiata, turut menyampaiakan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam menyukseskan penanaman pohon bakau secara serentak tersebut.

“Selain dapat melestarikan lingkungan, kawasan hutan mangrove juga dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat melalui program-program ekowisata,” sebutnya.

Tercatat kawasan mangrove di Kabupaten Kepulauan Meranti tercatat ± 30.118,24 hektar di tahun 2021. (Prokopim)