Ketua TP. PKK Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi, S.E., M.M menghadiri Acara Grebeg Suro Di Desa Gunung Rejo

Daerah180 Dilihat

Pesawaran//reformasiaktual.com – Ketua TP. PKK Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi, S.E., M.M menghadiri Acara Grebeg Suro Menyambut Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah di Desa Gunung Rejo Kecamatan Way Lima Kabupaten Pesawaran, Sabtu(27/07/2024).

Acara yang digelar oleh Relawan Jarum Pena (Jaringan Akar Rumput Pendukung Nanda) dan Seni Tari Kuda Lumping Karya Muda berlangsung dengan khidmat dan semarak.

Dalam Sambutannya, Nanda Indira berharap selai sebagai ajang silaturahmi, kegiatan ini menjadi wadah pelestarian budaya

“Sebagai ajang silaturahmi, kegiatan ini juga saya harapkan dapat menjadi wadah pelestarian budaya sekaligus dapat membangun rasa Raket, Regeng dan Rumekso atau Rukun dan damai dalam bermasyarat meskipun dengan beragam suku, adat dan budaya yang ada di Kabupaten PesawaranPesawaran,” Ucap Nanda yang juga mencalonkan diri sebagai Bupati Kabupaten Pesawaran.

Selanjutnya, Nanda menjelaskan bahwa kuda lumping memiliki banyak filosofi yang dapat dipetik, salah satunya sebagai pemersatu semua komponen yang ada

“Kesenian kuda Lumping memiliki banyak filosofi yang dapat dipetik, tidak hanya bagi masyarakat keturunan jawa, tapi juga bagi seluruh etnis dan suku, termasuk suku Lampung. Tidak dapat kita pungkiri bahwa Kuda Lumping dapat menyatukan berbagai komponen yang ada, dimana kita dapat
berinteraksi dan bersilaturahmi. Hal ini merupakan sebuah bukti nyata, bahwa seni budaya yang kita ikatan emosional, miliki mampu memperkuat sehingga bermuara pada kokohnya persatuan dan kesatuan.
kesatuan persatuan dan Dengan kokohnya
masyarakat yang majemuk, adalah modal utama dalam pembangunan untuk mewujudkan Pesawaran CAKEP (Cerdas, Aman, Kreatif, Efektif Dan Produktif),” Jelasnya.

Dengan berkembangnya kesenian tradisional, dapat mendongkrak perekonomian sehingga Masyarakat menjadi makmur dan sejahtera

“Ditambah lagi dengan berkembangnya kesenian tradisional, saya yakin roda perekonomian juga akan pun ikut bergerak maju, sehingga masyarakat makmur dan sejahtera,” Tutupnya.

Selanjutnya, Pimpinan Seni Tari Kuda Lumping Roziyuni sekaligus sekretaris jarum Pena kecamatan Way lima mewakili Ketua Jarum Pena Kecamatan Way Lima Zaifullah dalam sambuannya mengatakan dimanatradisi satu suro menitik beratkan pada ketentraman batin dan keselamatan.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran Ibu Nanda Indira beserta rombongan,
Saya sedikit menjelaskan bahwa kegiatan Suroan atau Ruwat Desa ini bertujuan untuk mendapatkan berkah dan menangkal datangnya marabahaya,” kata Roziyuni.

( M ali )
Zul-RA REFORMASI AKTUAL