Polres Kepulauan Meranti Kolaborasi dengan Tim Ditreskrimsus Polda Riau Tangani Karhutla

TNI/Polri110 Dilihat

PEKANBARU – Tim Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau turun ke Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, untuk melakukan penanganan kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Sabtu (27/7/2024).

Karhutla di Kepulauan Meranti terdapat di Desa Tanjung Kedabu, Kecamatan Rangsang Pesisir. Kebakaran terjadi sejak beberapa hari lalu.

Polres Kepulauan Meranti bersama tim Ditreskrimsus Polda Riau menggelar Apel Konsolidasi penanganan karhutla.

Dalam apel ini, dihadiri Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Kurnia Setyawan, Kasubdit Tipiter Ditreskrimsus Polda Riau, Kompol Nasruddin, Kasatreskrim Polres Kepulauan Meranti, Iptu Yohn Mabel, Kapolsek Rangsang, Ipda Anton Hilman, serta personel Ditreskrimsus dan dan jajaran Polres Kepulauan Meranti.

Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Kurnia Setyawan menjelaskan, tim Ditreskrimsus Polda Riau merupakan utusan dari Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau, Kombes Nasriadi.

Tim ini ditugaskan untuk menangani karhutla di daerah kepulauan tersebut.

Kurnia menegaskan, pihaknya akan menyelidiki penyebab karhutla di Tanjung Kedabu.

“Polres Kepulauan Meranti bersama tim Ditreskrimsus Polda Riau, akan melakukan penyelidikan terkait penyebab terjadinya karhutla,” kata Kurnia saat diwawancarai wartawan di Kepulauan Meranti, Sabtu.

Kurnia menyebut, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau, juga mendapatkan kring di wilayah Polres Kepulauan Meranti, yang mana perintah langsung oleh Kapolda Riau, Irjen Mohammad Iqbal pada saat melaksanakan zoom.

Tim asistensi ini juga datang untuk menyemangati personel di lapangan yang berjibaku memadamkan api.

“Tim kita di lapangan sudah bekerja keras, ikhlas dan suka rela untuk melaksanakan pendinginan karhutla ini,” kata Kurnia.

Kurnia mengatakan bahwa kondisi saat ini api sudah padam. Namun, masih dilakukan pendinginan untuk memastikan api benar-benar padam.

Di tempat yang sama, Kasubdit Tipiter DitreskrimsusPolda Riau, Kompol Nasruddin mengucapakan terimakasih kepada personel yang melakukan pemadaman karhutla.

“Sama-sama kita lihat, Kapolres Kepulauan Meranti sangat luar biasa. Beliau juga ikut langsung melaksanakan pemadaman karhutla bersama anggotanya,” ucap Nasruddin.

Nasruddin menyebutkan bahwa Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau,
menunjuk tim asistensi untuk di wilayah Polres Kepulauan Meranti dalam penanganan karhutla.

Selain itu, juga diperintahkan Kapolda Riau untuk turun langsung ke daerah yang dijuluki Kota Sagu itu.

“Kemungkinan Pak Dirkrimsus juga akan turun ke Kepulauan Meranti setelah kegiatan di Jakarta,” beber Nasruddin.