Komnas Ham Republik Indonesia RI bersama dengan Pemkot Bitung Gelar Kegiatan Festival Ham

Nasional132 Dilihat

Reformasiaktual.Co//Bitung —- Komnas Ham Republik Indonesia RI bersama dengan Pemkot Bitung Gelar kegiatan Festival Ham dengan tema memajukan demokrasi pemenuhan HAM 2024 “Penguatan partisipasi masyarakat dari daerah hingga ke tingkat nasional”.

Acara festival Hak asasi manusia (HAM) yang digelar di lapangan upacara Kantor Walikota Bitung tersebut, turut dihadiri langsung oleh Ketua Komnas Ham RI Dr. Atnike Nova Sigiro, M.sc, Ketua Dewan Pengurus INFID, Dr. Atnike Nova Sigiro, M.sc, Deputi 5 Kepala Staf Presiden RI, Prof. Dr. Rumadi Ahmad M,ag dan juga Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri MM.

Dalam kegiatan tersebut Ketua Komnas Ham Dr. Atnike Nova Sigiro mengatakan Festival Hak Asasi Manusia (HAM) yang digelar hari ini dapat mengenali situasi kehidupan dan juga pembangunan maupun tantangan di berbagai wilayah di Indonesia dan salah satunya di Kota Bitung.

“Festival HAM yang diinisiasi sudah berjalan 11 tahun lamanya, kalau kita menabung 11 tahun itu lumayan, apa lagi sementara ada ratusan kabupaten kota di Republik Indonesia yang mungkin akan kita selenggarakan,”ucap Ketua Komnas Ham RI saat melakukan Pers Conference di kantor Walikota Bitung.

Ketua Komnas Ham juga menjelaskan, Hak Asasi Manusia tidak menjadi benda asing bagi pemerintah, tidak menjadi benda asing bagi seluruh wilayah di Republik Indonesia.

“Ham menjadi semangat dan nilai-nilai yang dipraktikkan yang kita contohkan dari Kota Bitung, dan kita berharap akan menjadi inspirasi bagi kota kabupaten yang lainnya,”ucapnya.

Untuk itu, kata Atnike, atas nama Komnas Ham sangat mengapresiasi seluruh dukungan dari Pemerintah Kota Bitung,

“Saya Ketua Komnas Ham, ada Ketua Pengurus INFID, KSP yang hadir di sini sangat mengapresiasi Pemerintah Kota Bitung yang telah melaksanakan kegiatan tersebut, untuk itu saya minta agar menyebarluaskan gagasan ini dari tingkat Kota sampai di Kabupaten,”ujarnya.

Ketua Komnas Ham juga mengajak untuk bersama-sama mensukseskan rangkaian kegiatan yang digelar oleh Pemerintah Kota Bitung, sehingga bisa melihat visi misi apa yang menjadi perhatian dari masyarakat terkait Festival Ham yang dilaksanakan saat ini.

Syarif