Karnaval Sambut HUT RI ke-79 Wujud Nyata Antusias dan Kreativitas Masyarakat Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat

Daerah153 Dilihat

Reformasiaktual.com//Bandung Barat-
Karnaval Sambut HUT RI ke-79 Wujud Nyata Antusias dan Kreativitas Masyarakat Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (15/08/2024)

Karnaval HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Kecamatan Parongpong semarak dengan berbagai macam aneka khas, kreasi seni yang unik-unik daerah. Kegiatan karnaval menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79, ini diselenggarakan sebelumnya tanggal 17 Agustus , ini merupakan wujud nyata antusias dan kreativitas masyarakat Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

“Acara ini bukan hanya sekadar perayaan tetapi wujud nyata antusias dan kreativitas masyarakat Kecamatan Parongpong, dalam menjunjung tinggi nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika.

H. Gagan Wirahma S.Ip, Kepala Desa Cihanjuang juga sebagai sekjen APDESI Kabupaten Bandung Barat mengatakan,” karnaval menjadi ajang bagi masyarakat untuk menampilkan kreasi dan inovasi mereka dalam bidang seni dan budaya seperti, tarian-tarian daerah, menampilkan kendaraan- kendaraan yang dihias, tenun ikat daerah dan songket tradisional yang merupakan warisan leluhur yang dipadukan dengan sentuhan modern yang memikat.

“Keragaman dan motif ini ditampilkan mencerminkan kekayaan budaya Indonesia juga kebanggaan akan identitas lokal,” tuturnya.

H.Gagan menyebut, HUT ke- 79. Kemerdekaan RI diperingati setiap tahun pada tanggal 17 Agustus menjadi momentum yang dinantikan oleh masyarakat Kecamatan Parongpong yang biasanya diramaikan dengan berbagai kegiatan.

Salah satunya, adalah karnaval menjadi pilihan dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI. Karena itu, karnaval setiap 17 Agustus biasanya dimeriahkan oleh sekolah mulai dari TK, SD, SMP, dan SMA, Organisasi Perangkat Daerah, Swasta, BUMN, dan BUMD bahkan paguyuban, Karang taruna dari berbagai etnis yang ada di Kecamatan Parongpong.

“Kegiatan yang secara konsisten ini dilaksanakan sebagai event tahunan guna memotivasi semangat kreativitas masyarakat dalam unjuk keterampilan masing-masing daerahnya agar lebih inovatif, aktraktif dan kreatif,” papar H. Gagan Wirahma Kepala Desa Cihanjuang juga Calon Bupati Kabupaten Bandung Barat

Ia menambahkan, kegiatan karnaval ini juga untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat Kecamatan Parongpong untuk berperan aktif dalam rangka turut melestarikan budaya bangsa, serta memotivasi regenerasi dalam mempertahankan dan mengembangkan seni budaya bangsa secara kreatif, pungkasnya

Arus lalu lintas jalan kol Masturi, menuju Lembang, Cimahi dan Padalarang Pemda Bandung Barat, alami kemacetan cukup parah. Kemacetan terjadi karena Kamis siang digelar pawai kebudayaan bertajuk ‘Parongpong Karnival Day 2024’ menjelang HUT – RI ke-79.

Tono (40) pengendara mobil mengatakan, kemacetan itu terjadi mulai dari arah Cimahi melewati Jalan Cihanjuang menuju Lembang sejak pukul 9, 00 WIB

“Saya dari Cimahi mau ke Lembang udah macet mulai dari bawah Universitas Advent Indonesia (Unai) tepatnya di depan Kantor Desa Cihanjuang.

Arus lalu lintas lumpuh total di jalan Kolonel Matsuri mengarah Cimahi – Cisarua-Lembang dan sebaliknya
Arus lalu lintas lumpuh total di jalan Kolonel Matsuri mengarah Lembang – Cisarua – Cimahi sebaliknya, kepadatan kendaraan jalan Klo Masturi cukup parah di kedua arah.

Dari arah Cisarua juga macet, tadi hampir 4 jam tidak gerak sama sekali, tadi dari jam 9 pagi sampai jam 2 siang belum bisa lewat,” jelasnya.

Kanit Lantas Polsek Cisarua, AKP Sopandi mengatakan, pihak kepolisian melakukan pengamanan arus lalulintas dibantu dengan petugas Karang Taruna Parongpong untuk menggurai kemacetan.

“Kami unit lantas Polsek Cisarua bersama unit lain melakukan pengamanan arus lalulintas di jalan kolonel masturi sampai dengan pertigaan patrol Lembang ,” terang AKP Sopandi, Kanit lantas Polsek Cisarua

AKP Sopandi menjelaskan, petugas kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas dengan melakukan buka tutup arus mulai dari Adven sampai dengan terminal Parongpong.

“Buka tutup arus dari Unai sampai ke terminal yang menjadi titik awal acara karnival sampai kepada mengarah ke Desa Karyawangi,” terangnya.

Selain rekayasa arus lalu lintas, petugas kepolisian juga melakukan pengalihan arus dari Cisarua dialihkan ke Jalan Cihanjuang yang mengarahke Cimahi – Lembang dan sebaliknya dari Lembang menuju Cimahi – Padalarang dialihkan ke jalan Karyawangi – Cihanjuang bisa menuju arah bawah ke Cimahi ke atas ke jalan Kol Masturi menuju Cisarua – Padalarang Pemda Bandung Barat.

Journalist Aan iyus RA***