Upacara HUT Kemerdekaan RI, Kapolres Bulukumba: Wujud Megenang Jasa Pejuang.

TNI/Polri245 Dilihat

BULUKUMBA — Jajaran Kepolisian Polres Bulukumba mengikuti dan menjadi pelaksana Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 bertempat di Lapangan Pemuda Kota Bulukumba. Sabtu (17/08/2024).

Pada upacara pegibaran Bendera ini, Polres Bulukumba menurunkan 4 peleton peserta upacara, yang terdiri dari 1 peleton Personel Samapta, 1 peleton Personel Lalulintas, 1 peleton Personel gabungan Reskrim dan Intelkam, serta 1 peleton Personel Polisi Wanita (Polwan).

Peringatan Hari Kemerdekaaan Republik Indonesia ke -79 tahun 2024 ini mengusung tema ” Nusantara Baru Indonesia Maju.”

Kapolres Bulukumba AKBP Andi Erma Suryono, S.H.,S.I.K.,M.M beserta seluruh Pejabat Utama (Pju) Polres Bulukumba menghadiri dan mengikuti jalannya upacara Bendera.

Kegiatan upacara pengibaran bendera detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79 dihadiri oleh jajaran Forkopimda, Para Kepala OPD Kabupaten Bulukumba serta tamu undangan lainnya.

Pembacaan Naskah Proklamasi dibacakan oleh H.Rijal, S.Sos Ketua DPRD Bulukumba.

Pada upacara Pengibaran Bendera detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79, Bupati Bulukumba H. Andi Muchtar Ali Yusuf bertindak selaku Inspektur upacara.

Komandan upacara yakni AKP Muhaemin, S.Sos.,SH.,MH. Kapolsek Ujung Loe Polres Bulukumba dan AKP Andi Akbar Munir, SH.,SE.,MM Kasat Binmas selaku Perwira upacara.

Sedangkan yang bertindak selaku komandan upacara pada upacara penurunan Bendera pada sore hari yakni Kapten Kav. Andi Mapparanru Perwira dari Kodim 1411/Blk.

Anggota Paskibraka Kabupaten Bulukumba berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik pada upacara pegibaran dan penurunan Bendera merah putih di sore hari.

Kapolres Bulukumba AKBP Andi Erma Suryono menyampaikan bahwa upacara ini sebagai perwujudan kita semua dalam mengenang jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang mempertaruhkan nyawa untuk merebut kemerdekaan dari tangan Penjajah.

“Perayaan 17 Agustus adalah momen bersejarah yang tak bisa terpisahkan dari perjalanan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan.” ujarnya.

“Hari ini, kita merayakan tidak hanya kemerdekaan fisik dari penjajahan, tetapi juga semangat dan tekad untuk terus bersatu, berbagi, dan membangun negeri tercinta ini.” sambungnya.

Melalui momentum upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia ini, Kapolres mengajak untuk selalu tingkatkan rasa cinta terhadap tanah air, serta selalu menanamkan jiwa nasionalisme yang tinggi demi bangsa kita yang tercinta.

“Tugas kita sekarang adalah melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan menjaga keutuhan NKRI, bersatu dan saling bersinergi dalam membangun Indonesia khususnya dalam menciptakan dan memelihara Kamtibmas yang kondusif,” ajak Kapolres

Pada kesempatan ini Kapolres Bulukumba AKBP Andi Erma Suryono memberikan apresiasi dan selamat kepada Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang telah sukses melaksanakan tugas dengan baik.

Usai upacara pengibaran Bendera, seluruh rombongan menggelar upacara ziarah nasional dan tabur bunga di Taman Makam Pahlwan (TMP) Taccorong Kabupaten Bulukumba.