Bawaslu Kabupaten Dairi Adakan Kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM Pengawasan Panwaslu ke Kecamatan

Daerah94 Dilihat

Pakpak Bharat //reformasiaktual.com– Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Dairi kegiatan peningkatan Kapasitas SDM Pengawasan Panwaslu ke kecamatan se-Kabupaten Dairi

Kegiatan yang berlangsung di Law Raja Hotel Silahi Sabungan, Minggu (18/8/2024) itu, di hadiri oleh Anggota Bawaslu Provinsi Sumatera Utara, Saut Boangmanalu, sebagai narasumber.

Dalam materinya, Saut menyampaikan bahwa pengawas pemilu agar memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tepat dalam melakukan pengawasan pemilihan 2024. Sehingga pada saat pemilihan, pemilihan dapat berjalan dengan jujur dan adil.

“Pengawas harus pahami regulasi, pahami Tugas, Pokok dan Fungsi (tupoksi),” kata Saut Boangmanalu, Minggu (18/8/2024) di Dairi.

Lanjut Saut lagi, bahwa unsur pengawasan yang paling penting itu adalah kebersamaan dan kekompakan untuk pemilihan yang jujur dan adiladil, dan juga membuka dengan seluas-luasnya komunikasi dengan stakeholder di tempany masing-masing.

“Unsur Pengawasan yang paling penting itu ialah solit, bangun citra lembaga yang positif” tegas Saut.

Selain itu Saut Boangmanalu juga membagikan tips cara membuat berita selain 5W+1 H, dalam berita singkat dapat diguakan keterpenuhan 3 unsur dalam berita, ada orangnya, ada waktu dan tempat, dan ada narasinya.

Diharapkan, kabupaten/kota melakukan siaran pers dengan para media di setiap tahapan pemulihan, sehingga informasi dengan cepat didapatkan masyarakat luas khususnya di daerah masing-masing.(SM)