25 Anggota DPRD Selayar Resmi Dilantik, Mappatunru Ketua Sementara

Daerah74 Dilihat

KEPULAUAN SELAYAR, ReformasiAktual.com – Sebanyak 25 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan periode 2024 – 2029 resmi dilantik yang merupakan hasil Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 14 Februari 2024 lalu melalui Rapat Paripurna DPRD di Ruang Rapat Utama Gedung Parlemen Jl Jenderal Ahmad Yani Benteng, Senin 26 Agustus 2024 siang tadi. 

      Prosesi pengucapan sumpah dan janji anggota DPRD dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri yang dihadiri oleh Bupati, HM Basli Ali, Kepala Kejaksaan Negeri, Hendra Syarbaini, SH, MH, Dandim 1415 Selayar, Letkol Inf Nanang Agung Wibowo, Wakapolres, Kompol H Bustan, SH, para Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, Pimpinan OPD, Pimpinan Organisasi Vertikal, Camat, Lurah, Kepala Desa dan Anggota BPD, tokoh masyarakat, agama, pemuda, LSM dan unsur Pers serta ratusan undangan lainnya yang terlihat memadati gedung dan halaman Kantor DPRD Selayar.

       Selain pengambilan sumpah jabatan atau janji juga pengumuman Pimpinan Ketua Sementara DPRD Selayar yang dibacakan oleh Sekretaris Dewan (Sekwan), Masdar J Pratama. Dalam pengumuman itu telah ditunjuk Mappatunru, S.Pd sebagai Ketua sementara dan Wakil Ketua Sofyan Indra Pratama Ali, SE, MM. Penunjukan ini ditandai dengan penyerahan Palu Sidang dari Ketua DPRD, H Andi Idris, S.Sos kepada Ketua DPRD sementara, Mappatunru.

      Ke 25 anggota DPRD Selayar yang dilantik adalah Muhammad Aqsa Ramadhan (Golkar), Rudi, S.Pt (PKS), M. Affandi, SE (Gerindra) dan Muhammad Anas, Ali, SH (PDI.P) dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kepulauan Selayar I untuk Kecamatan Benteng serangkan dari Dapil II yang meliputi Kecamatan Bontomatene, Buki dan Bontomanai yaitu Hj Asnaina (Golkar), Sofyan Indra Pratama Ali (PAN), Andi Arpin, S.S (Golkar), Muhammad Saing, S.Pd (NasDem), Mursalim, S.M (PKB) dan Hj Eni Sutiyon (PKS).

      Untuk Dapil Kepulauan Selayar III yang meliputi Kecamatan Pasi’marannu dan Pasi’lambena yaitu Nurmiati, S.Kep (Golkar), Jasmianti (PAN) dan Sukri, S.IP (Demokrat). Sementara dari Dapil Kepulauan Selayar IV yang terdiri dari Kecamatan Pasi’masunggu, Pasi’masunggu Timur dan Taka Bonerate yakni Muhammad Ardi, S.Sos (Golkar), Frengky Wijaya, SE (PKS), H Andi Idris, S.Sos (PAN), Arsyil Ihsan (NasDem) dan Awiluddin, SH (PDI.P). Kemudian dari Dapil Kepulauan Selayar V Kecamatan Bontosikuyu dan Bontoharu masing-masing, Mappatunru, S.Pd, Muhammad Irfan (NasDem), Drs Tanri Bangun Patta (PAN), Yusril Mahendra, SH, MH (Golkar), Arfianto, S.TP dan Hj Asmawar Syamsu (Golkar).

       Dalam sambutannya Bupati, HM Basli Ali menaruh harapan agar kiranya anggota DPRD Selayar yang baru dilantik untuk dapat memperjuangkan aspirasi rakyat sebagai wakil rakyat di DPRD untuk masa bhakti 2024 – 2029. Selain itu mantan Anggota DPRD dari PDI.P ini juga meminta supaya dapat memahami amanah yang diemban sebagai wakil rakyat untuk dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya di DPRD Kepulauan Selayar lima tahun kedepan.” katanya.

       Nantinya lanjut Bupati akan dilakukan Pendidikan dan Pelatihan (Dilat) yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendgri) di Jakarta untuk membekali anggota DPRD khususnya yang baru agar dapat memahami serta mengetahui mengenai pekerjaan yang akan dilakukan sebagai anggota dewan di Lembaga Parlemen. Sebagai alumni DPRD Selayar kata HM Basli Ali selama tiga kali berturut-turut terpilih melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI.P) dan kemudian juga terpilih sebagai Bupati selama dua periode. Insha Allah akan berakhir pada Februari 2025.” ujarnya.

      Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian ucapan selamat yang berturut-turut dari Bupati, Ketua PN, Kajari, Dandim, Wakapolres, Komisioner KPUD, Bawaslu serta foto bersama ditangga utama menuju lantai II.  (M. Daeng Siudjung Nyulle)