SMKN 1 CIBADAK SALAHSATU SEKOLAH PERTANIAN TERBESAR DI INDONESIA

PENDIDIKAN166 Dilihat

Reformasiaktual.com//SUKABUMI - Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang pertanian memiliki banyak manfaat dan peluang kerja yang menjanjikan. Dengan keterampilan yang diperoleh selama masa pendidikan, mereka siap untuk terjun langsung ke dunia kerja atau bahkan menciptakan lapangan kerja sendiri. 
 Muhammad Khoiron,S.Pd.,M.Pd humas SMKN1 Cibadak kabupaten Sukabumi ini menjelaskan bahwa disekolahnya memiliki 5 lima bidang keahlian

I. Program Keahlian Teknologi Hasil Pertanian. 
Agreebisnis hasil pertanian dan
pengawasan mutu hasil pertanian beserta hasil olahan dan limbahnya.

II. Program Keahlian Budidaya Tanama
Berkosentrasi pada usahatani tanaman pangan, sayuran, buah-buahan, perkebunan dan tanaman hias.

III. Program Keahlian Budidaya Ternak.
Konsentrasi terhadap usahatani ternak unggas, ruminansia kecil, ruminansia besar dan aneka ternak

IV. Program Keahlian Budidaya Ikan.
Konsentrsdi pada pembudidayaan/pembesaran ikan konsumsi dan ikan hias pada berbagai macam wadah budidaya (kolam, tambak, jaring apung, keramba dan akuarium).

V. Program Keahlian Teknologi Informatika.

  • Mampu membranding atau sebagai for point’ zero nya usaha pertanian Dengan bidang keahlian diatas tentunya akan sangat bermanfaat karena akan memiliki keterampilan praktis, yang langsung dapat diterapkan di lapangan. Mereka belajar tentang teknik bercocok tanam, pengelolaan lahan, dan teknologi pertanian modern. Pendidikan di SMK pertanian juga menekankan pada kewirausahaan. Siswa diajarkan bagaimana mengelola usaha pertanian, mulai dari produksi hingga pemasaran. Lulusan SMK pertanian berperan penting dalam menjaga ketahanan pangan nasional. Mereka dapat mengembangkan usaha pertanian yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Untuk peluang kerja tidak perlu diragukan, Lulusan SMK pertanian dapat menjadi petani modern yang memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Mereka juga bisa bekerja sebagai konsultan pertanian yang memberikan saran dan solusi kepada petani atau perusahaan agrikultur. Lulusan SMK pertanian memiliki peluang untuk bekerja di instansi pemerintah seperti Kementerian Pertanian atau lembaga penelitian pertanian Mereka dapat bekerja sebagai teknisi di perusahaan agrikultur, membantu dalam pengelolaan dan pemeliharaan peralatan pertanian. Dengan bekal ilmu kewirausahaan, lulusan SMK pertanian dapat membuka usaha sendiri di bidang agribisnis, seperti peternakan, perkebunan, atau produksi benih. Dengan berbagai manfaat dan peluang kerja yang ada, lulusan SMK bidang pertanian memiliki masa depan yang cerah dan berpotensi besar untuk sukses di bidangnya.
  • (Amud)