Kota Banjar Menyediakan Berbagai Layanan Publik Dalam Satu Aplikasi Bebeong

Berita Kota97 Dilihat

Banjar, Repormasi Aktual 04 September 2024 – Dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik di era digital, Pemerintah Kota Banjar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika meluncurkan aplikasi BEBEONG Kota Banjar (Beragam Layanan Digital dan Berita Online Government Kota Banjar) pada Rabu (04/09/2024).

Peluncuran aplikasi BEBEONG dilakukan secara langsung oleh Pj. Wali Kota Banjar dalam kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Masterplan Smart City Kota Banjar.

BEBEONG merupakan inovasi Diskominfo Kota Banjar yang menghimpun dan menyediakan layanan publik dan administrasi pemerintahan dalam satu aplikasi. Inovasi ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam memperoleh layanan publik yang lebih efektif dan efisien.

Melalui aplikasi BEBEONG, masyarakat dapat mengakses berbagai layanan publik seperti pelayanan informasi publik, layanan kependudukan, pelayanan pemerintahan, layanan perizinan dan layanan produk hukum, informasi nomor darurat serta informasi titik lokasi sekolah.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjar, Dede Tito Ismanto, S.T., M.E., menjelaskan bahwa aplikasi pada BEBEONG dibagi menjadi layanan administrasi pemerintahan dan pelayanan publik, serta mengintegrasikan aplikasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yaitu PAK ONOM.

“Jadi, aplikasi ini tidak hanya untuk ASN saja, tapi juga untuk masyarakat umum yang ingin mengakses layanan publik seperti mengurus perizinan dan dokumen kependudukan bisa secara online melalui aplikasi BEBEONG,” ujar Kadiskominfo Kota Banjar.

Pj. Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ida Wahida Hidayati, S.E., S.H., M.Si., sangat antusias dengan diluncurkannya aplikasi BEBEONG ini. Beliau berharap dengan adanya aplikasi ini, semakin banyak masyarakat yang bisa mengakses layanan publik di Kota Banjar dengan mudah dan cepat.

“Saya sangat mengapresiasi dengan diluncurkannya aplikasi BEBEONG ini. Saya harap kedepannya aplikasi ini bisa terus dikembangkan dan layanan yang disediakan semakin lengkap. Perlu adanya edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang aplikasi ini, agar semakin banyak masyarakat yang tahu dan menggunakan layanan publik melalui aplikasi BEBEONG,” ujar Pj. Wali Kota Banjar.

Saat ini beberapa pengembangan fitur pada aplikasi BEBEONG masih terus dilakukan. Ke depannya, Aplikasi BEBEONG ini akan menjadi SuperApps Kota Banjar yang menyediakan berbagai pelayanan publik dalam satu aplikasi. A. Pepep