PJ Bupati Paluta, Sambut Tim Kirab Api PON XXI Aceh – Sumut 2024

Daerah451 Dilihat

Padanglawas Utara,Reformasi Aktual.com- Ribuan masyarakat dan pelajar antusias menyambut kehadiran Kirab Obor Api PON XXI Aceh-Sumut 2024 yang tiba di Kabupaten Padang Lawas Utara, Kamis (05/09/2024)

Rombongan kirab api PON XXI Aceh-Sumut disambut di jalan depan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas Utara, sebelumnya pembawa Api PON XXI datang dari Kota Padangsidimpuan yang diserahkan kepada Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Lawas Utara Makmur Harahap, ST., MM., dengan disaksikan ribuan masyarakat yang berdiri di sepanjang ruas jalan lintas Gunungtua-Padangsidimpuan.

Selanjutnya diserahkan kepada pembawa API PON XXI untuk diarak menuju Kantor Bupati Padang Lawas Utara. Sesampainya di Kantor Bupati Padang Lawas Utara, Api PON XXI kemudian diserahkan kepada Penjabat (Pj) Bupati Padang Lawas Utara Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan, S.STP., MM., untuk dinyalakan ke tungku api yang telah disediakan.

Selanjutnya prosesi upacara kirab obor api PON XXI Aceh-Sumut. Pelaksanaan upacara Kirab Api PON XXI Aceh-Sumut di Kantor Bupati Padang Lawas Utara berjalan khidmat.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Penjabat (Pj) Bupati Padang Lawas Utara Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan, S.STP., MM., sebagai Perwira Upacara Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Indra Saputra Nasution, S.STP., dan Komandan Upacara Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum Masyarakat Destri Prianto. S.STP.

Kegiatan upacara Kirab Api PON XXI dihadiri Para Pejabat dan Forkopimda Provinsi Sumatera Utara, Para Pejabat dan Forkopimda Provinsi Aceh, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Padang Lawas Utara, Pimpinan DPRD Kabupaten Padang Lawas Utara, Ketua dan Seluruh Panitia Besar PON XXI Tahun 2024 Aceh – Sumut Wilayah Sumatera Utara, Ketua TP PKK Kabupaten Padang Lawas Utara, Pj Sekretaris Daerah, Para Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD, Kabag, Camat dan Pejabat Struktural Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, dan Pemuda serta seluruh Peserta Kirab Api Pon XXI.

Penjabat (Pj) Bupati Padang Lawas Utara Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan, S.STP., MM., dalam sambutannya menyampaikan bahwa momen ini adalah momen membanggakan, dimana Tim Kirab Obor Api PON XXI Aceh-Sumut telah menjejakkan kakinya di Kabupaten Padang Lawas Utara.

Ini akan menjadi catatan emas sejarah, bahwa kobaran api PON XXI pernah mewarnai perjalanan hidup Kabupaten Padang Lawas Utara.

“Kirab Api PON juga memiliki makna mendalam dalam konteks budaya dan persatuan bangsa ketika api ini dibawa berkeliling, kita diajak untuk mengingat bahwa Indonesia adalah sebuah negara yang besar, yang terdiri dari berbagai suku, agama, dan budaya. Perjalanan api ini mencerminkan perjalanan bangsa kita yang penuh warna, tetapi tetap bersatu dalam semangat kebhinekaan” ujar Pj Bupati.

Beliau berharap pelaksanaan event PON XXI Aceh-Sumut 2024 berjalan dengan lancar, sukses, penuh prestasi, dan dapat berlangsung tanpa kendala apapun.

“Kami yakin bahwa dengan persiapan yang matang dan dukungan penuh dari seluruh apisan masyarakat, kita dapat menyelenggarakan PON XXI Aceh-Sumut 2024 yang tidak hanya meriah tetapi juga berkelas dan sukses, di antaranya, sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, sukses administrasi, sukses pfmberdayaan ekonomi rakyat dan sukses pemberdayaan atau pemanfaatan venue pasca PON XXI” harap Pj Bupati.

Setelah prosesi upacara obor api PON XXI Aceh-Sumut selanjutnya api PON di arak dari kantor Bupati Padang Lawas Utara menuju ke Lapangan Merdeka Kabupaten Padang Lawas Utara sebagai titik cek poin pelepasan untuk dilanjutkan menuju ke Kabupaten Labuhan Batu Selatan.aks