Sinergitas PT. Bukit Asam Dan Camat Lawang Kidul Bahas Aktivitas Blasting Bangko Barat

Daerah72 Dilihat

Muara Enim–PT Bukit Asam bersama Tripika Lawang Kidul bahas untuk aktivitas blasting di Bangko Barat bersama Lurah dan kepala Desa serta Kadus dan Ketua RW/RT guna mencari solusi bagi masyarakat yang terdampak.

Kegiatan ini dihadiri Camat Lawang Kidul Danramil 404-05 Tanjung Enim, Kapolsek Lawang Kidul, AVP Sustainbility PT Bukit Asam, Lurah Tanjung Enim, Kepala Desa Tegal Rejo dan Keban Agung, Bhabinkamtibmas , Babinsa, Kadus, dan Ketua RW/RT.

Dipaparkan pihak PT Bukit Asam yang diwakili AVP Sustainbility Listati guna menyelesaikan dengan masyarakat sekitar kegiatan blasting sebagai kompensasi dan perbaikan rumah warga pada saat pertemuan di Mandala Kelurahan Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim, Rabu (04/09/24)

Lebih lanjut dikatakan Listati “untuk menyelesaikan ini, diperlukan data warga yang terkena dampak blasting, juga pendataan rumah yang rusak melalui Kadus/RW dan RT,” ucapnya.

Untuk tim yang akan membantu menyelesaikan dan pendataan termasuk Camat dan Danramil serta Lurah, Kepala Desa, juga yang lainnya akan dibentuk dengan SK sebagai tim penyelesaian dampak akibat dari blasting.

Sementara disampaikan Camat Lawang Kidul Drs. Edi Susanto, MM untuk tim yang ditunjuk nanti, orang nya memang betul-betul bekerja dengan ikhlas dalam membantu masyarakat yang terdampak akibat dari blasting.

Lanjutnya “untuk penyelesaian yang terdampak blasting harus berdasarkan data yang valid dan sudah diverifikasi mulai dari RT kemudian ditandatangani oleh yang berwenang,” jelas Camat Lawang Kidul.

Dalam kesepakatan, rumah yang rusak akibat blasting akan diperbaiki sampai rapi oleh pihak ketiga dan tidak ada diberikan uang, jika diperbaiki, kemudian retak kembali akibat blasting, diperbaiki kembali sehingga bagus lagi.

“Selain pemberian susu setiap bulan untuk warga terdampak, juga perbaikan rumah yang rusak untuk diperbaiki, untuk uang kenyamanan atau kerohiman bagi warga yang berdomisili di daerah tempat yang dilakukan kegiatan blasting,” harap Camat Lawang Kidul.

Masih ditempat yang sama, juga diungkapkan Danramil 494-05 Tanjung Enim Kapt. Inf. Oktavian dalam kegiatan ini agar PT Bukit Asam dapat bersinergi dengan dengan Tripika Lawang Kidul dan Lurah/Kepala Desa yang ada di Kecamatan Lawang Kidul.

“Keamanan yang menjadi harapan, dari Koramil 404-05 Tanjung Enim akan menjalin dan bekerja sama dengan pihak terkait, terutama anggota Polsek Lawang Kidul dan jajaran,” demikian di katakan Danramil 404-05 Tanjung Enim.

Juga dibeberkan Kapolsek Lawang Kidul IPTU. KMS. Erwin, S.H., M.H dari pihak aparat kepolisian sektor Lawang Kidul akan selalu support dan mendukung terhadap kegiatan ini untuk memenuhi energi yang dibutuhkan pemerintah.

“Selain anggota Bhabinkamtibmas dari Polsek Lawang Kidul, juga akan bekerjasama dengan TNI serta Lurah dan Kepala Desa, Ketua RW dan RT untuk memberikan yang terbaik buat perusahaan dan kenyamanan bagi warga yang terdampak blasting,” tutup Kapolsek Lawang Kidul. (Elwin)