Peringatan Hari Lahir Kejaksaan, Pj. Bupati Ucapkan Selamat

Daerah149 Dilihat

BANTAENG – reformasiaktual.com Kejaksaan Negeri Bantaeng menggelar acara Syukuran Peringatan Hari Lahir Kejaksaan Ke-79 tahun 2024 yang mengusung tema “Hari Lahir Kejaksaan Sebagai Simbol Terwujudnya Kedaulatan Penuntutan dan Advocaat General”, Rabu (11/9)

Kegiatan yang berlangsung di Aula Adhyaksa Kantor Kejaksaan Negeri Bantaeng ini dirangkaikan dengan Penyerahan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dan Berita Acara Serah Terima Hibah Tanah antara Pemerintah Kabupaten Bantaeng dan Kejaksaan Negeri Bantaeng.

Kepala Kejaksaan Negeri Bantaeng Satria Abdi,.S.H.,M.H membacakan amanat Jaksa Agung ST Burhanuddin, menyampaikan bahwa penetapan Hari Lahir Kejaksaan perlu ditentukan, selain menjadi pengingat akan sejarah panjang perjuangan Kejaksaan dalam menegakkan hukum dan keadilan di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Selama ini kita memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) tanggal 22 Juli setiap tahunnya, mungkin masih banyak di antara kita yang menganggap peringatan HBA sebagai Hari Lahir Kejaksaan, padahal Kejaksaan lahir jauh sebelum itu”, ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa penentuan dan penetapan Hari Lahir Kejaksaan pada tanggal 2 September 1945 tidak ditentukan secara tiba-tiba. Tapi melalui hasil penelitian panjang dari para Ahli Sejarah yang bekerja sama dengan Kejaksaan untuk menelusuri, menemukan, dan mengumpulkan arsip-arsip nasional yang tersebar di dalam maupun di luar negeri, terutama di Belanda.

Menutup sambutannya Kajari Bantaeng, Satria Abdi menyampaikan apresiasi dan terimakasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Bantaeng atas Hibah tanah seluas kurang lebih 2886 m2 untuk Kejaksaan Negeri Bantaeng yang akan di manfaatkan untuk perluasan Kantor Kejari Bantaeng.

Sementara Pj. Bupati Bantaeng Andi Abubakar pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Pemkab Bantaeng patut bersyukur terhadap apa yang telah di berikan oleh Kejaksaan Negeri saat ini untuk Kabupaten Bantaeng.

“Hibah tanah yang diserahkan hari ini tidak sebanding dengan keterlibatan Kejari Bantaeng terhadap Pembangunan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat. Saya berharap bahwa apa yang diserahkan hari ini oleh Pemkab Bantaeng bisa memberikan manfaat untuk Kejaksaan Negeri Bantaeng”, katanya.

Pj. Bupati Bantaeng Andi Abubakar mengucapkan Selamat Ulang Tahun Kepada Kejaksaan RI ke-79 tahun saya berharap momen ini menjadi starting point Terwujudnya Kedaulatan Penuntutan dan Advocaat General yang ada di Indonesia.

Hadir pada kesempatan tersebut Ketua Pengadilan Negeri Bantaeng Abd. Basyir, perwakilan Polres Bantaeng, perwakilan Kodim 1410 Bantaeng, perwakilan Kantor Pertanahan Bantaeng, Kepala BPKAD Bantaeng, Kepala Dinas PUPR Bantaeng, Kabid Aset Bantaeng, Pimpinan Bank Sulselbar, Bank BRI dan Bank Mandiri cabang Bantaeng.

AGUS