Pelatihan Pembangunan Desa Wisata di Desa Perintis Rimbo Bujang

Daerah118 Dilihat

Reformasiaktual.com //TEBO – Dalam meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia ( SDM ) khususnya Pengurus POKDARWIS dan BUMDesa yang memiliki unit usaha di bidang wisata di Kabupaten Tebo pada Selasa 10/09/2024 di Desa Perintis Kecamatan Rimbo Bujang.

Kami dari balai pelatihan dan pemberdayaan masyarakat desa Daerah tertinggal dan transmigrasi Bengkulu dalam hal ini melakukan Pelatihan pembangunan desa wisata angkatan 3 di Kabupaten Tebo Provinsi Jambi.

Kegiatan ini dilakukan dengan berkolaborasi bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tebo, terutama pada aspek perekrutan calon peserta pelatihan.

Pelaksanaan ini dalam rangka menjalankan tugas dan fungsi kami sebagai balai pelatihan dan pemberdayaan di bawah kementerian Desa pembangunan Daerah tertinggal dan transmigrasi.

“Untuk pelatihan ini sendiri dilaksanakan selama 4 hari kerja dari hari Selasa tanggal 10 September sampai hari Jumat 13 September 2024 dengan total 30 peserta dari 10 desa dan 5 kecamatan yang ada di Tebo.

Peserta merupakan pengurus pokdarwis dan pengurus bum desa yang memiliki unit usaha desa wisata di Kabupaten tebo tujuan untuk pelaksanaan ini tentu saja untuk meningkatkan kapasitas daripada masyarakat pengurus bumdes dan pokdarwis khususnya dalam mengelola dan membangun desa wisata di desanya.

“Masing-masing sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh desanya masing-masing dan tentu saja nanti outputnya adalah bisa menjadi lapangan pekerjaan baru bagi warga dan pendapatan Desa juga menjadi sarana untuk masyarakat menggiling ya atau berekreasi di desa wisatanya yang terdekat di desanya termasuk Desa perintis Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo.

“Sarmidi selaku Kepala DesaPerintis Kecamatan Rimbo Bujang menyamopaikan, dengan adanya Pelatihan Desa Wisata, bisa benar-benar mewujudkan Desa yang Berdaya saing di bidang pariwisata yang di kemudian hari akan menjadi PAD Desa dan bermanfaat untuk seluruh lapisan masyarakat pada umumnya dan pemerintah Desa pada khususnya.”ungkap Kades Perintis.

(Supriyadi RA)