Akibat Kebakaran Lahan Kandang Ayam di Daerah Cigangsa Desa Citepus Ludes Terbakar

Daerah15 Dilihat

Kabupaten Sukabumi//Dua hari berturut-turut di wilayah Desa Citepus terjadi kebakaran ,Dugaan dari terbakarnya lahan akhirnya kandang ayam broiler milik Gatot Suroso (54) di Kampung Cigangsa, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, ludes terbakar pada Kamis (19/09/2024).

Tim dari Dinas Kebakaran dan penyelamatan Kabupaten Sukabumi melalui Pos Damkar Palabuanratu berhasil memadamkan api,tapi sayang kandang ayam habis ludes terbakar api beserta ayam yang ada di dalamnya.

Danru Pos Damkar Palabuhanratu, Chandra Lesmana mengatakan. Damkar pertama kali menerima laporan kebakaran dari warga sekitar pukul 13:30 Wib, personil langsung bergegas menuju lokasi dengan mengerahkan dua unit mobil pemadam dan satu kendaraan resque.

“Setelah sampai ke TKK, keadaan api sudah meratakan bangunan. Menurut info, bangunan kandang ayam ini dua lantai berukuran 45 x 7 meter,” terang Chandra.

Menurut Candra, api duduga berasal dari kebakaran lahan yang berada tepat disamping kandang. Karena angin cukup kenacang, api dengan cepat merambat kemudian menghanguskan bangunan, pearalatan, hingga 250 ekor ayam brolier siap potong.

“Sumber api menurut pengamatan kita ini berasal disamping kandang ayam, kemungkinan ini kebakaran lahan. Tapi untuk pastinya nanti ada mungkun investigasi dari pihak kepolisian,” bebernya.

Ia mengimbau, masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Sebab, musim kemarau diprediksi masih akan terjadi sampai beberapa bulan kedepan.

“Himbauan untuk masyarakat se-kabupaten Sukabumi, untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar secara sengaja.” pungkasnya.