Grand Final Duta Genre Kepulauan Meranti 2024, Asisten Admum Sudanri : Teruslah Semangat Berkarya, Gen Empat Makin Menyala!

Daerah43 Dilihat

SELATPANJANG – Asisten Pemerintahan Bidang Administrasi Umum, Sudanri SH, membuka acara Apresiasi Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) dan Ajang Kreativitas Remaja Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2024. Perhelatan itu digelar di Gedung Afifa Futsal Selatpanjang, Jumat (27/9/2024).

Acara yang diinisiasi oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kepulauan Meranti itu, bertujuan menciptakan generasi yang berkarakter dan berkualitas.

Dalam sambutannya Sudanri mengungkapkan bahwa pemerintah berharap program genre mampu memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan remaja dalam menyongsong generasi emas 2045.

“Kami berharap melalui program genre
ini para remaja dapat mengedepankan pembentukan karakter bangsa melalui pengambilan sikap menjauhi pernikahan dini, seks pra nikah dan napza
*(narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya) guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa,” ungkap Sudanri.

Lebih jauh dikatakannya, ajang Duta Genre merupakan sarana bagi para remaja mendapatkan banyak bekal untuk merencanakan pendidikan dan karir serta turut menentukan arah dan tujuan daerah di masa depan.

“Cerah dan gemilangnya nasib Kabupaten
Kepulauan Meranti di masa depan salah satunya ditentukan dengan kualitas para remaja yang ada saat ini di kabupaten yang kita cintai ini. Teruslah semangat berkarya agar gen empat makin menyala.” ujar Sudanri dengan penuh semangat.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial P3AP2KB Kamisah menerangkan para peserta berasal dari siswa-siswi SMP dan SMA yang tergabung dalam Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) se-Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Kami ucapkan selamat kepada anak-anak yang telah sampai di tahap ini. Kalian hebat. Terus semangat untuk berdampak bagi remaja indonesia dan kepulauan meranti khususnya, semoga tahun depan bisa ambil bagian mengukir preatasi gemilang di adujak provinsi maupun adujak nasional,” kata Kamisah.

Hadir sebagai tamu undangan, Duta Genre Indonesia 2024, M. Daffa Mixsie dan Fazillatun Nisa yang turut memberikan apresiasi dan motivasi kepada seluruh peserta.

“Meranti adalah kabupaten pertama yang menghelat pemilihan duta genre dan ajang kreativitas remaja tahun 2024. Kami sangat mengapresiasi kerja keras dan kerja bersama forum Genre Meranti sehingga acara malam ini berlangsung sangat meriah dan penuh kesan,” ungkap Daffa.

“Selamat kepada pemenang Ajang Kreativitas Remaja. Dan untuk Duta genre, semuanya keren keren dalam menjawab pertanyaan. Terlihat sangat menguasai. Selamat kepada Pemenang Duta GenRe Meranti Tahun 2024, terus menjadi remaja yang bermakna dan berdampak untuk Indonesia,” harapnya.

Penilaian dewan juri dalam Grand Final itu memutuskan, juara 1 Duta Genre Putra diraih oleh Rahmat Aditya PIK-R Prosteen dari SMAN 1 Tebing Tinggi, dan Juara 1 Putri diraih oleh Nureka Lastriana PIK-R Prosteen SMAN 1 Tebing Tinggi.

Sementara itu PIK-R Army SMAN 3 Tebing Tinggi meraih juara umum Ajang Kreatifitas Remaja Genre 2024.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Kepala Bappedalitbang Kepulauan Meranti Dr. Abu Hanifah, Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Amat Safii M.Kom, Sekretaris Dinas Sosial P3AP2KB Sukri, Kabid Kabid Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Nurhayanto, sejumlah pejabat Pemkab Kepulauan Meranti, perwakilan BKKBN Riau, pembina PIK-R se-Kabupaten Kepulauan Meranti, Ketua Forum Genre, Ketua Forum Anak, Ketua BEM dari perguruan tinggi, sponsorship serta tamu undangan lainnya. (Diskominfotik)