Kekuatan Elektoral yang Mengharapkan Enos Memimpin Kembali

Politik13 Dilihat

MARTAPURA – Pengamat Politik Sumsel M. Haekal Al-Haffafah, S.Sos, M.Sos mengatakan, Secara teoritis ada Fenomena local strongman yang muncul bersamaan dengan proses demokrasi ditingkat lokal, khususnya di OKU Timur

Apa itu? Menurut Haekal Proses orang-orang kuat dengan basis sosial-ekonomi muncul dalam sistem proporsional terbuka yang akhirnya melahirkan basis kekuatan politik yang cukup kuat dan mengakar.

Nah orang local strongman di OKU Timur itu adalah fams Herman Deru kekuatan politiknya tergambar dengan figur Bupati OKU Timur Ir H Lanosin MT.

Bagaimana peluang kemenangan Enos-Yudha?, nah menurut Haekal sangat kuat.” ikatan pemilih dilevel bawah menginginkan keberlanjutan di OKU Timur,”ungkapnya.

Apalagi, sambung Haekal bersamaan dengan Pilkada serentak yaitu Pilgub,Pilbub nah rakyat OKU Timur terutama di basis-basis pemilih Komering, mereka merasa puas dengan infrastruktur jalan saat kepemimpinan Herman Deru.

” Nah, irisan Pilgub dan Pilbub (Herman Deru dan Enos) itu memiliki satu tarikan yang sama dengan kekuatan eloktoral yang mengharapkan Enos memimpin kembali,”tutupnya.

Enos-Yudha, yang maju kembali untuk periode kedua yang saat ini cuti kampanye ditantang pasangan Fery Antoni-dr Herly Sunawan di Pilkada OKU Timur. Namun saat ini pasangan petahana itu masih diunggulkan berdasarkan beberapa hasil survey.

Bentuk keseriusan pasangan enos-yudha di Pilkada 2024 ini, Enos tidak main-main, saat ini pasangan itu telah membentuk tim pemenangan di 20 kecamatan se OKU Timur yang langsung dikukuhkan langsung oleh enos.

Sedangkan Yudha, calon wakil Bupati OKU Timur yang berpasangan dengan Enos, terus melakukan blusukan kesejumlah daerah di OKU Timur. Pasangan ini tidak jumawa meski hasil survey mereka unggul dari pasangan Feri-Herly.(Rilis Krisna)