Kapolda Sumut Tampak Melekat bersama Presiden RI Saat Resmikan Tujuh Pelabuhan Penyeberangan dan Empat KMP di Kawasan Danau Toba

Daerah571 Dilihat

 

Reformasiaktual.com//TOBA-
Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. R. Z. Panca Putra S, M.Si dampingi Presiden RI Joko Widodo meresmikan tujuh pelabuhan penyeberangan dan empat kapal motor penumpang (KMP) di Kawasan Dermaga Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba,Rabu (02/02)

Tujuh Pelabuhan itu meliputi, Pelabuhan Ajibata dan Balige di Kabupaten Toba, Pelabuhan Tigaras di Kabupaten Simalungun. Selanjutnya terdapat Pelabuhan Simanindo di Kabupaten Samosir. Kemudian, Pelabuhan Marbun Toruan/Baktiraja di Kabupaten Humbang Hasundutan, Pelabuhan Muara di Kabupaten Tapanuli Utara, Pelabuhan Tongging di Kabupaten Karo.

Tidak hanya meresmikan pelabuhan, Jokowi juga memberikan empat kapal motor penumpang (KMP) di kawasan Dermaga Pelabuhan Ajibata. Empat kapal motor tersebut terdiri dari kapal motor penyeberangan Pora-Pora memiliki kapasitas 180 penumpang, dan 21 kendaraan.

Lalu ada juga Kapal motor penumpang Kaldera Toba berkapasitas 152 penumpang dan 15 kendaraan. Terakhir Bus Air yaitu Asa-Asa kapasitas 150 penumpang dan Bus Air Jurung-Jurung kapasitas 150 penumpang.

Pelabuhan-pelabuhan tersebut diharapkan dapat mendukung keberadaan destinasi pariwisata super prioritas Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Selain itu, pelabuhan penyeberangan dan KMP dibutuhkan oleh masyarakat sekitar Danau Toba untuk mendukung aktivitas dan mobilitas sehari-hari.

“Hari ini 7 pelabuhan penyeberangan di kawasan Danau Toba sudah selesai dibangun dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata Jokowi.

Kapolda Sumut bersama Gubsu dan  Pangdam I/BB tampak hadir mendampingi Presiden RI dalam setiap rangkaian kegiatan Presiden selama kunjungan kerjanya di Sumatera Utara.

Mudah – mudahan dengan diresmikannya 7 Pelabuhan Penyeberangan dan 4 Kapal Motor Penumpang semakin meningkatkan wisatawan domestik maupun mancanegara dan menjadikan Danau Toba sebagai Destinasi wisata yang berdaya saing tinggi dengan wisata mancanegara dalam hal menarik wisatawan.

Segala kekurangan yang ada terus diperbaiki guna meningkatkan kenyamanan para wisatawan yang berkunjung, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Dan yang sudah baik harus di jaga dan dirawat bersama.

Danau Toba selain terkenal dengan keindahan alamnya, juga terkenal dengan Kultur budayanya yakni budaya Batak. Bagi para wisatawan yang belum pernah berkunjung ke Kawasan Danau Toba, apalagi bagi para peneliti sejarah budaya maka Danau Toba yang diapit oleh beberapa kabupaten merupakan daerah yang tepat dan menarik untuk di kunjungi dan di teliti. Etnis Batak tetap memegang teguh tradisi dan adatnya dalam kehidupan sehari-hari.
Sampai sekarang adat dan budaya tetap dilaksanakan dalam kehidupan sosial orang Batak dan aktivitas sehari-harinya.

S T H

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *