Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhammad Iqbal, Resmikan Rusunawa Santri Ponpes Al Manaar Batu Hampar

Politik216 Dilihat

ReformasiAktual.com, Lima Puluh Kota – Pondok Pesantren Al- Manaar Batu Hampar, mendapat bantuan berupa gedung rumah susun senilai Rp 5,2 miliar. Gedung seluas 8×40 ini merupakan salah satu program yang berhasil dibawa oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhammad Iqbal, S.E.,M.Com. dari Dapil Sumbar ll.

“Kita hari ini meresmikan program rusunawa Pondok Pesantren Al-Manaar Batu Hampar, harapan kita tentunya pondok ini bermanfaat buat masyarakat dan siswa siswi santri yang belajar disini,” tutur Muhammad Iqbal, S.E., M.Com. kepada wartawan di lokasi, Selasa, (16/01/2024).

Politisi partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini pun berharap berharap santri yang sudah lulus selain pintar dan cerdas bisa menjadi generasi penerus yang mempunyai akhlak dan agama yang baik. “Kebetulan program tahun 2023 ada satu rusunawa Ponpes Al- Manaar Batu Hampar yang berhasil diwujudkan.”papar Muhammad Iqbal, S.E., M.Com.

“Saya mendukung seluruh pesantren di Sumatera Barat ini, terlebih di Limapuluh Kota yang merupakan dapil saya, Gedung Rusunawa ini merupakan yang kedua yang pertama ada di Padang Panjang,” kata Muhammad Iqbal.

Muhammad Iqbal yang merupakan anggota DPR RI Komisi V dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dia berharap selalu ada perwakilan Sumbar di Komisi V, karena menurutnya Sumbar cukup tertinggal dibandingkan Provinsi lain.

“Komisi V bermitra dengan Kementrian PUPR, oleh karena itu, kita bisa membawa dana pusat untuk membangun daerah kita di Sumbar, oleh karena itu kita butuh wakil yang berada di Komisi V DPR RI,” katanya.

Muhammad Iqbal juga mengatakan, aspirasinya untuk membangun Gedung Rusunawa di Pondok Pesantren Al-Manaar ini merupakan peran dari seorang Chairil Chan yang merupakan putera daerah Limapuluh Kota.

Sementara,Pimpinan Pondok Pesantren Al Manaar Dt. Oyah mengaku berterima kasih kepada Anggota DPR RI Komisi V Muhammad Iqbal. “Alhamdulillah saya mengucapkan terimakasih beliau merupakan Wakil Ketua Komisi V DPR RI yang menyerap aspirasi,” ujar Dt. Oyah.

Pihaknya pun berharap semoga ini menjadi ladang amal jariyah Muhammad Iqbal,S.E., M.Com. dan team atas fasilitas gedung yang diberikan. Sekaligus pelayanan kepada santri dan wali santri bisa semakin baik.

“Tentunya pelayanan kami kepada santri dan wali santri akan lebih baik, karena di tradisi pesantren dilatih serba sederhana, termasuk tidurnya saja tidak diatas bed, diatas lantai. Ini sekarang sudah diberi bed lengkap dengan lemari yang bersih dan nyaman,” pungkas Pimpinan Pondok Pesantren Al Manaar Dt. Oyah.

Terpisah, Chairil Chan yang merupakan Putera Asli Kabupaten Limapuluh Kota berharap, Gedung Rusunawa yang diresmikan di kampung halamannya oleh bapak Muhammad Iqbal bisa bermanfaat kedepannya.

Segenap keluarga besar Pondok Pesantren Al-Manaar mengucapkan terimkasih kepada Muhammad Iqbal.”tutupnya singkat.

Hadir dalam kesempatan itu perwakilan dari Kementrian PUPR balai pelaksana penyediaan perumahan sumatera 3 Henny Ferzina,ST,MT, Gubernur Sumbar Mahyeldi diwakili Al Amin Kasi kesra provinsi sumbar, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo diwakili, Kamenag Kabupaten Limapuluh Kota, Wali Nagari Batu Hampar Asra Arafat, S.Si dan seluruh Furkopimca di Kecamatan Akabiluru.