Kapolres Purwakarta Hadiri Launching Program TNI AD Manunggal Air tahun 2024

TNI/Polri224 Dilihat

PURWAKARTA – reformasiaktual.com Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain hadiri kegiatan launching Program TNI AD Manunggal Air tahun 2024 di Desa Wanawali, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, secara virtual pada Selasa, 6 Februari 2024.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri juga Komandan Kodim (Dandim) 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi dan PJ Bupati Purwakarta, Benni Irwan.

Peluncuran program ini menandai langkah strategis TNI AD dalam mengelola sumber air di wilayah teritorial Kodim 0619/Purwakarta tersebut.

Acara utama di pusatkan di wilayah Kabupaten Halmahera Tengah Provinsi Maluku Utara, dengan kehormatan pembukaan langsung oleh Kasad Jendral TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc.

Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi mengatakan, dengan program ini menunjukkan komitmen TNI AD dalam menyediakan akses air bersih untuk masyarakat dan mendukung keberlanjutan lingkungan.

“Air bersih yang Ini merupakan program TMMD Tahun 2022. Sebenarnya, Kodim 0619/Purwakarta ada tahun kemarin, kita kerja sama juga dengan PLN Nusantara power cirata, hanya itu hanya saja di sana itu Toreblnnya itu kecil. kalau yang ini memang program yang didukung oleh pemerintah daerah makanya apabila kita melaksanakan vicon kita akan melaksanakan disini,” ucap Andi, sapaan akrab Dandim 0619/Purwakarta itu.

Menurutnya, partisipasi dalam pelaksanaan program ini adalah bentuk nyata dari peran TNI AD dalam menjaga ketersediaan air sebagai kebutuhan pokok masyarakat.

“Harapan untuk kedepannya memang Bapak Kepala Staf Angkatan Darat ini sangat atensi terhadap sumber air artinya beliau meminta kepada jajarannya untuk melaporkan di mana ada daerah ataupun warga yang kekurangan air. Kami kemarin sudah melaporkan daerah yang ada di Gunung Hejo, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta,” ungkapnya.

Sementara, PJ Bupati Purwakarta, Benni Irwan mengatakan, dalam kegiatan video conference untuk mendengarkan arahan sekaligus launching TNI Angkatan Darat Manunggal Air.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan program yang dilakukan oleh TNI Angkatan Darat.

“Saya katakan salah satu karena masih ada banyak kegiatan-kegiatan lain yang sudah disiapkan tadi sudah di singgung oleh Pak Dandim sedikit seperti TMMD yang dilaksanakan 1 kali dalam 2 tahun. TNI Angkatan Darat Manunggal Air ini dilaksanakan secara Nasional dan kita di tahun 2022-2023 juga mendapatkan manfaat dari program itu, hari ini kita di desa wanawali bagian dari program itu juga bersama-sama mengikuti launching itu,” Ungkap Benni.

Dengan begitu, lanjut dia, tentu pihaknya menyampaikan apresiasi dan terima kasih mewakili pemerintah daerah dan masyarakat wanawali kepada jajaran TNI Angkatan Darat Kodim 0616 Purwakarta atas partisipasi dukungan penyiapan sarana air bersih di desa wanawali.

“Saya melihat bangunannya masih ada dan masyarakat masih menikmatinya, mudah-mudahan masih bisa menikmatinya di masa-masa yang akan datang terus menikmatinya untuk masa-masa yang akan datang, Nah ini bentuk dukungan ini bentuk support sekaligus bentuk kolaborasi TNI dengan masyarakat TNI dengan jajaran pemerintah daerah kita akan lanjutkan pola pola kerja seperti ini,” ucap Benni.

Sementara, Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain mengatakan, kehadirannya dalam acara tersebut meruapakan wujud sinergitas TNI dan Polri di Kabupaten Purwakarta.

“Sinergitas TNI-POLRI dan Pemda terlihat dalam setiap kegiatan, ini menunjukkan bahwa Sinergitas sudah terjalin dengan sangat baik, karena dengan kerjasama dan sinergitas yang kuat harkamtibmas dapat terjaga, sehingga pembangunan Kabupaten Purwakarta dapat terus berjalan,” terang pria yang akrab disapa Edwar itu.

Kapolres berharap semoga Soliditas dan Sinergitas TNI Polri yang sudah terjalin dengan baik selama ini dapat berlanjut dan ditingkatkan, dengan terus melakukan silaturahmi, komunikasi dan kerjasama dalam pelaksanaan tugas dan pengabdian kepada masyarakat, Bangsa dan Negara.

RN