Enos Jabat Bupati OKU TIMUR, Produktivitas Padi Meningkatkan

Daerah236 Dilihat

OKU Timur-Dibawah kepemimpinan Ir.H.Lanosin, M.T dan H.M.Adi Nugraha Purna Yudha, S.H banyak prestasi gemilang diraih, salah satunya pada sektor pertanian.

Dari data rilis pertanian OKU Timur Produksitivitas/provitas dan produksi padi di kabupaten tembus 10 besar pada tingkat nasional.

Langkah-langkah yang dilakukan Ir.H.Lanosin, M.T kerab disapa Enos selama menjabat bupati tentu harus di apresiasi para petani dikabupaten OKU Timur, hal ini dengan adanya bukti produktivitas pada mencapai 6,72 ton GKG/hektar dan produksi padi sebesar 716.876 ton GKG.

Dengan tembus produktivitas dan produksi padi tersebut menempatkan kabupaten OKU Timur posisi ke 8 nasional untuk produktivitas dan posisi ke 9 untuk produksi padi.

Tentunya semua ini menjadikan satu-satunya kabupaten di Provinsi Sumsel sejak di pimpin Ir.H.Lanosin, M.T yang mencapai skala posisi ini.

Keberhasilan ini juga tidak lepas dari potensi lahan yang ada di kabupaten kita cintai ini ucap Ir.H.Lanosin, M.T pada kutipan pidatonya saat panen raya verietas inpari 47 WBC di desa Sumber Suko Kecamatan Belitang.

Berdasar tipologi lahan, Kabupaten OKU Timur memiliki lahan sawah seluas 59.522 Hektar yang terdiri dari irigasi teknis seluas 35.148 hektar, tadah hujan 16.925 hektare dan rawa lebak 7.449 hektar selain itu lahan kering mencapai 147.855 hektar, sehingga potensi lahan yang dimiliki OKU Timur mencapai 207.377 hektar.

Selain capaian gemilang di kancah nasional sejak kepemimpinan Ir.H.Lanosin, M.T, langka dan gerakan programpun dilakukan hingga bantuan untuk pertanian pun dilakukan Enos.

Diantaranya, semakin banyak nya para petani dikabupaten OKU Timur diberikan bantuan alsintan (Alat mesin Pertanian) yang ini tentu sangatlah menunjang untuk para petani dikabupaten OKU Timur.

Selain itu juga, Ir.H.Lanosin, M.T yang kerab di sapa Bang enos berjuang untuk membatu para petani yang selalu kekurangan pupuk, Ir.H.Lanosin, M.T berinovasi memproduksi pupuk cair yang di bagikan kepada petani.

Di sisi lain untuk membantu petani dilahan tadah hujan dan rawa lebak agar pada musim kemarau tidak kekurangan air, berkat perjuangan Ir.H.Lanosin, M.T , meminta bantuan dari pusat melalui kementrian pertanian yang bekerja sama dengan TNI , merealisasikan Optimalisasi lahan atau Oplah.

Hingga saat ini semua telah terialisasi, semua bertujuan untuk mensejahterakan para petani di kabupaten OKU Timur.

Ditahun 2021 saat satu tahun pertama Ir.H.Lanosin, M.T menjabat sebagai Bupati OKU Timur , dengan luas tanam mencapai 100.852 hektar dengan luas panen 95.809 hektar, provitas 6,0 ton GKG/Ha, sedangkan produksi padi sebesar 574,966 ton GKG.

Ditahun 2022, luas tanam pun meningkat menjadi 113.763 ha dengan luas panen 108.075 ha, provitas 6.49 ton GKG/ha , dan produksi padi di kabupaten OKU Timur pun mencapai 701,510 ton GKG.

Keberhasilan itu semua tentu tidak luput dari jiwa pemimpinnya, karena tanpa adanya campur tangan dari pemerintah daerah tentu para petani tidak akan berhasil sedemikian.Rilis Krisna