Satuan Binmas Polres Selayar  Gelar Operasi Bina Kusuma LIPU 2022 – Covid – 19

TNI/Polri976 Dilihat

 

Reformasiaktual.com//Kepulauan Selayar(Sulsel) – Operasi Bina Kusuma LIPU 2022 Covid 19 serentak dilaksanakan diwilayah hukum Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan selama 14 hari yang dimulai hari ini, Kamis 17 sampai dengan 30 Maret 2022 jelang bulan suci Ramadhan 1443 H. Operasi ini kata Kepala Kepolisian Resor Kepulauan Selayar yang disampaikan AKP Kaharuddin selaku Kepala Satuan Bina Masyarakat (Kasat Binmas) adalah bertujuan untuk mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan tertib serta bebas dari premanisme dan Covid 19 ditengah-tengah masyarakat dalam menghadapi bulan puasa tahun ini dan sekaligus untuk mencegah penyebaran Covid 19 serta memberikan kesadaran kepada masyarakat guna ikut serta berpartisipasi dalam menyukseskan pelaksanaan vaksinasi kedua dan ketiga atau lebih dikenal dengan vaksinasi booster.

Operasi ini lanjut dia menyebutkan telah melibatkan sebanyak 41 personel
anggota Satuan Bina Masyarakat (Sat Binmas) Kepolisian Resor (Polres) Kepulauan Selayar yang pengawasannya dibawah kendali Kepala Sat Binmas, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Kaharuddin, SH, SE, MM sekaligus sebagai Kasatgas II.” pungkasnya.

Operasi Bina Kusuma LIPU Covid 19 ini adalah merupakan suatu program rutin Polda Sulsel yang diprakarsai Direktorat Binmas melalui Sat Binmas Polres dan jajarannya dan dikendalikan oleh Kepala Satuan Binmas masing-masing Polres di Sulsel. Model kegiatan operasi ini berbentuk penyuluhan dan atau sosialisasi dengan sasaran utama pada masyarakat umum yang berada di Warung Kopi (Warkop), sekolah-sekolah, pasar serta terfokus pada remaja yang putus sekolah dengan membawakan materi “Mencegah Premanisme, Perjudian, Minuman Beralkohol, Narkotika termasuk kejahatan-kejahatan lain yang kerap kali terjadi dimasyarakat selama ini. Disamping itu, juga bertujuan untuk memberantas terjadinya praktek pencurian atau tindakan dan perbuatan kriminal lain yang akhir-akhir ini banyak terjadi ditengah masyarakat dengan melibatkan anak dibawah umur.” katanya.

Khusus di wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar Propinsi Sulawesi Selatan ini kata Kaharuddin, ada 11 wilayah kecamatan yang menggelar operasi ini. Terdiri dari 6 wilayah kecamatan di daratan Pulau Selayar dan 5 wilayah kecamatan yang tersebar di kepulauan. Namun kegiatan diwilayah kepulauan itu dibawah koordinasi dan dipimpin langsung oleh para Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) yang pelaksanaannya tetap dibawah naungan dan koordinasi dengan Kasat Binmas Polres Kepulauan Selayar. Tujuan operasi bina kusuma dimasa Vandemi Covid 19 ini agar tercipta peran serta masyarakat yang kondusif dan sadar akan vaksinasi menuju masyarakat tentram, aman dan damai.

Terkait hal yang dianggap urgent dalam menghadapi bulan puasa ramadhan dimasa Vandemi Covid 19 khususnya dari Sat Binmas Polres Kepulauan Selayar adalah menghimbau kepada seluruh lapisan dan komponen masyarakat di Bumi Tanadoang ini untuk saling menjaga sinergitas dan persaudaraan serta persahabatan dalam lingkungan tempat tinggal masing-masing. Dan dengan adanya operasi Bina Kusuma ini diharapkan semua kalangan masyarakat dapat terhindar dari kemungkinan-kemungkinan atau hal-hal yang tidak dikehendaki bersama.” katanya.

Disisi lain juga lanjut AKP Kaharuddin, kegiatan ini merupakan operasi preemtif adalah operasi untuk mencari atau mendeteksi potensi-potensi yang menjadi gangguan atau faktor penyebab munculnya tindakan dan perbuatan kriminal sehingga tidak sampai pada ganguan nyata yang sifatnya masuk dalam tatanan kriminalitas. Olehnya itu perlu dilakukan tindakan preventive atau pencegahan. Sehingga masyarakat dapat mewaspadai akan terjadinya kriminalitas yang dapat berimplikasi dan berimbas kepada norma-norma sosial dalam masyarakat banyak.” kunci dia.

(M. Daeng Siudjung Nyulle)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *