Koramil 0820/26 Tegalsiwalan,Berikan Pemahaman Rencana Pencanangan Kampung Pancasila

TNI/Polri911 Dilihat

 

Reformasiaktual.com//Probolinggo- Kodim 0820/melalui koramil jajaran melaksanakan pencanangan Kampung Pancasila.Salah satunya di Desa Sumberbulu kecamatan Tegalsiwalan kabupaten Probolinggo,jum’at (18/03/2022).

Dalam kegiatan pencanangan Kampung Pancasila ini, Koramil 0820/26 Tegalsiwalan yang akan digelar di Desa Sumberbulu Kecamatan Tegalsiwalan akan melibatkan seluruh lapisan komponen masyarakat salah satunya pemuda dan pemerintah desa setempat.

Menurut Serda Hermanto, Anggota Koramil 0820/26 Tegalsiwalan, melalui pencanangan Kampung Pancasila ini,diharapkan masyarakat khususnya para generasi muda agar lebih mengerti dalam menerapkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dimasyarakat.

Dalam kegiatannya,dirinya menggandeng para Mahasiswa dan Mahasiswi UNZHA (Universitas Zainul Hasan Genggong) yang kebetulan KKN PKM berbasis masjid di wilayahnya dalam pemahaman terkait adanya Kampung Pancasila tersebut.

Diketahui,sedikitnya ada sekitar 28 Mahasiswa/i UNZHA KKN PKM berbasis masjid di Desa Sumberbulu saat ini.

“Kampung Pancasila diwilayah Koramil 0820/ Tegalsiwalan akan mengedepankan nilai kekeluargaan, Kegotong royongan dan saling menghormati antar sesama pemeluk agama,” jelas Serda Hermanto.

Ahmad Zaini Hermanto,selaku PJ Kepala Desa Sumberbulu mengapresiasi serta memberikan dukungan penuh atas adanya kegiatan kampung Pancasila yang didaulat diwilayahnya.Selain memberikan wawasan yang lebih,adanya kampung Pancasila ini diharapkan mampu memberikan pesan moral yang mampu menciptakan kondusifitas diera perkembangan kemajuan teknologi saat ini.

“Pancasila merupakan pilar utama bangsa Indonesia, sudah saatnya bagi kita semua untuk menghidupkan serta menanamkan kembali nilai nilai penting yang terkandung didalamnya (Pancasila/red) dijaman sekarang ini”, Jelas Jen (sapaan akrab PJ Kepala Desa Sumberbulu), Jum’at (18/3/2022).

Seperti halnya yang dijelaskan oleh Dandim 0820/Probolinggo Letkol Arh Arip Budi Cahyono bahwa,pencanangan Kampung Pancasila ini merupakan tindak lanjut dari perintah pimpinan atas guna membumikan nilai Pancasila dalam kehidupan sosial masyarakat yang akhir-akhir ini semakin tergerus oleh kemajuan jaman.

” Tujuan dibentuknya Kampung Pancasila ini tak lain tak bukan adalah untuk mempersatukan seluruh komponen bangsa dimasing-masing wiayah dimana masyarakat Indonesia yang penuh kemajemukan baik dari sisi suku, Adat dan agama,”ujarnya.

Ia menegaskan bahwa sangat penting untuk menjaga persatuan dan kesatuan dari kemajemukan tersebut dengan bingkai NKRI, Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila sehingga tidak mudah terpengaruh oleh paham radikal dan intoleransi dalam kehidupan sosial dan keagamaan. ” Dengan kegiatan pencanangan Kampung Pancasila ini diharapkan bisa membudayakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat diseluruh wilayah Nusantara,”pungkasnya.

 

(Tim Probolinggo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *