IKA SMEAN Selayar Gelar Bhakti Sosial di Tanjung Menangis

Sosial341 Dilihat

 

Reformasiaktual.com// Kepulauan Selayar(Sulsel) – Pantai Tanjung Menangis  yang terletak di Jembatan Metro Buabua Benteng ibukota Kabupaten Kepulauan Selayar Propinsi Sulawesi Selatan menjadi titik sasaran serangan fajar bagi Ikatan Alumni Sekolah Menengah Ekonomi Negeri (SMEAN) dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Benteng pada bhakti sosial lingkungan dengan bersih-bersih pantai, Minggu 20 Maret 2020 pagi ini. Kegiatan ini rutin dilaksanakan sebagai upaya IKA SMEAN/SMKN Selayar untuk menginspirasi serta memotivasi masyarakat khususnya yang berada disekitar pantai termasuk Pemerintah Daerah (Pemda) Kepulauan Selayar  untuk selalu hidup bersih. Bersih itu Sehat. Dan bersih itu adalah bagian dari iman.

Ketua Umum Ikatan Alumni SMEAN/SMKN Selayar, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Surahman, SH yang juga selaku Kepala Satuan Intel (Kasat Intel) Kepolisian Resor (Polres) Kepulauan Selayar yang ditemui disela-sela pelaksanaan bhakti sosial kepada media ini mengemukakan,” Kegiatan ini bertujuan membantu program Pemda Kepulauan Selayar dalam pelaksanaan “Jumat Bersih.” Hanya saja bagi kami selaku alumni SMEAN dan SMKN tidak semua ditakdirkan oleh Yang Maha Kuasa sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) sehingga tidak semua bisa berkumpul di hari Jumat sehingga disepakati kegiatan ini akan kita laksanakan pada hari Minggu.” katanya.

Jujur lanjut Surahman, jika kami mengikuti kebijakan Pemda untuk melakukan kegiatan “Jumat Bersih” maka kami akan kesulitan dalam mengumpulkan alumni apalagi banyak yang berdomisili diluar ibukota Kabupaten. Ada yang tinggal dipedalaman bahkan juga tersebar dibebarapa wilayah pulau dilima kecamatan yang terletak di pulau-pulau. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian kami untuk membantu Pemda setempat untuk selalu hidup bersih. Apalagi wilayah pesisir barat Kota Benteng ini menjadi pandangan pertama bagi warga pendatang ketika memasuki Kota Benteng akan tampak jorok dan kotor.” imbuhnya menambahkan.

Mereka alumni yang tergabung dimulai sejak tahun 1971 sampai saat sekarang ini. Sehingga total alumninya sudah tak dapat dihitung lagi. Namun yang terdaftar sebagai perwakilan keanggotaan sudah sekitar hampir 250 di Group WhatsApp IKA SMEAN/SMKN Selayar sesuai kemampuan dan kapasitas group. Alumni ini juga sudah menyebar hampir diseluruh kabupaten, kota dan propinsi di Indonesia. Seperti di Jakarta, Makassar, Papua, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku dan lain-lainya. Selain itu, juga masing-masing angkatan memiliki group tersendiri. Dan secara umum yang tercatat sebagai alumni sudah mencapai ribuan orang yang dimulai sejak tahun 1973.” kata dia.

Ketua Umum Ikatan Alumni SMEAN Selayar, Surahman adalah angkatan tahun 1990 dengan total keseluruhan di tahun itu mencapai angka 300 lebih. Namun yang menjadi perwakilan untuk angkatan 90 itu hanya sekitar 10 persen atau sekitar 30 orang. Karena kemampuan group WA sangat terbatas. Selain kegaiatan bhakti sosial juga ada pertemuan rutin yang dilaksanakan setiap bulan dengan membahas ide-ide dan masukan serta saran dari anggota.” katanya lagi.

Jika tidak ada aral yang melintang kami programkan pekan depan kegiatan yang sama akan dilaksanakan disekitar bagian selatan Pusat Warung Kuliner Kelurahan Benteng Selatan.
Kemudian setelah Puasa Ramadhan kami juga akan memprogramkan penanaman sejuta pohon bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pertanian Selayar untuk penanaman mangrove atau di hutan-hutan yang dianggap gundul.

Hal yang senada juga disampaikan oleh Nandar Jamaluddin sebagai alumni SMKN Selayar tahun 1999. Jabatan yang diemban saat ini adalah sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kepulauan Selayar. Sebelumnya ia sebagai Kepala SMP Muhammadiyah Benteng. Kaitannya dengan bhakti sosial lingkungan, ia menambahkan. ” Kami dari alumni SMEAN dan SMKN Selayar selalu menyiapkan waktu untuk bersilaturrahim dan sharing-sharing ide atau pendapat untuk mendukung kemajuan dan program Pemda Kepulauan Selayar.

 

Pagi ini kita berkumpul sebagai satu group besar yang bernama IKA SMEAN dan SMKN 1 Benteng untuk memberikan kontribusi positif terhadap Pemda Kepulauan Selayar dengan bentuk kepedulian terhadap kebersihan pantai dan lingkungan sekitar. Lagi pula dilokasi ini sangat kurang enak dan nyaman dipandang mata sebab merupakan tempat berlalu lalangnya warga namun tumpukan sampah sepertinya tak terpedulikan. Walaupan kegiatan ini terkesan kecil namun lebih baik beraksi ketimbang hanya memandangi dan mengeluh.

Selain itu juga melalui kegiatan ini kami sudah bersilaturrahim dengan sesama anggota alumni tanpa dibatasi oleh sekat-sekat apapun. Kedudukan kami disini semua sama sebagai IKA SMEAN dan SMKN 1 Benteng. Kami santai, rileks dan saling bercanda dan ketawa ria tanpa batas dan menyatu dalam semangat untuk membangun daerah Bumi Tanadoang yang kita cinta ini.” kunci Nandar.

(M. Daeng Siudjung Nyulle)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *