Kearifan Lokal Paguyuban Lingkungan Anak Sunda ( Lingas ) Kuningan Mampu Menciptakan Kesenian Alat Musik Dari Bambu dan Diberi Nama Bangkong Reang Lingas

Budaya912 Dilihat

 

Reformasiaktual.com //KUNINGAN-Bangkong reang Lingas adalah Perpaduan alat musik tradisional yang terbuat dari bambu sehingga terciptalah suara yang merdu dimana irama musik yang di hasilkan oleh Bangkong reang ini enak didengar dan berbau mistis.

Paguyuban Lingkungan Anak Sunda ( Lingas ) mencoba memadukan alat musik tradisional Bangkong Reang dengan sebuah karya kearifan lokal yang dikemas secara apik dan penuh mistis, sehingga mampu menciptakan suara yang merdu dan menciptakan suasana damai bagi para pendengar.

Alat musik tradisional Bangkong Reang ini diketemukan dari tahun 2020 oleh ahli Seni Budaya Sunda Paguyuban Lingkungan Anak Sunda LINGAS Kuningan Jawa barat. Dimana awal pencetus alat musik ini adalah Uun Undara / Uwa Boun beliau awal mula menciptakan sebuah bambu menjadi sebuah suara musik tradisional dan disebut Bangkong Reang.

 

Dan nama alat musik ini disempurnakan menjadi sebuah nama BANGKONG REANG LINGAS. Dimana nama ini lahir dari sebuah Paguyuban Lingkungan Anak Sunda dan sampai saat ini alat musik tradisional Bangkong Reang Lingas ini selalu dimainkan dalam acara pentas Seni Budaya Sunda ataupun dalam situasi santai pada acara-acara lainnya.

Menurut Aki Semar sebagai pengasuh dan sekaligus ketua umum Paguyuban Lingkungan Anak Sunda LINGAS, “alat musik tradisional Bangkong Reang Lingas ini suaranya hampir menyamai suara kodok di alam dan alat-alat yang tercipta dari bambu”, unkapnya,(26/3/2022).

 

Ridwan

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *