Meningkatkan Kreatifitas Anak Dalam Mengembangkan Intelektual, Keterampilan dan Budaya Pendidikan Usia Dini

Daerah213 Dilihat

 

 

Reformasiaktual.com//BATURAJA SUMSEL – PLH Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah., Menghadiri Acara Peringatan Hari Anak Nasional Tahun
2022 dan Lomba Tari Kreasi Anak PAUD
Tingkat Kabupaten OKU Bertempat di Pendopo Rumas Dinas Bupati OKU. (Rabu, 30/03/2022).

Laporan Ketua Pelaksana Kegiatan PLT
Kadin Pendidikan OKU Alfarizi, SE.Ak., M.Pd., Menyampaikan lomba kreasi anak PAUD Se-Kabupaten OKU dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten OKU dalam hal ini bidang PAUD dan PNF kolaborasi dengan IGTKI OKU dan Himpaudi serta TP. PKK Kabupaten OKU.

Kegiatan ini tujuannya untuk memberikan motivasi kepada anak usia dini agar kelak menjadi generasi yang berkarakter, dan memiliki kompetensi sehingga mampu berkompetensi di masa yang akan datang.

Serta pendekatan dasar agar anak kita cinta akan budaya bangsanya kemudian sebagai ajang kreativitas bagi anak usia dini agar mampu tampil dan percaya diri di tengah hak layak ramai.

Sasaran kegiatan di 13 Kecamatan dalam kelompok terdiri dari kelompok bermain ada 13 lembaga dan taman kanak-kanak ada 9 lembaga, waktu dan tempat pelaksanaan dilaksanakan pada hari ini Rabu tanggal 30 Maret 2002, bertempat di Pendopo Rumas Dinas Bupati OKU.

PLH Ketua TP. PKK Kabupaten OKU sekaligus Bunda PAUD Kabupaten OKU Hj. Zwesti Karenia Teddy., Menyampaikan kegiatan ini merupakan momentum yang tepat dalam meningkatkan kreatifitas anak dalam mengembangkan intelektual, keterampilan dan budaya pendidikan anak usia dini termasuk anak TK. Kegiatan ini sangat penting dalam membentuk karakter anak yang kokoh, tegar dan mandiri dalam menghadapi tantangan di era globalisasi saat ini.

Berdasarkan survey 90% fisik otak terbentuk di usia 5 tahun atau disebut golden age, diusia inilah masa berkembangnya anak – anak dalam menentukan arah karakter yang terbentuk. Untuk itu, sebagai orang tua hendaknya kita bisa memberikan bimbingan, arahan, perlindungan dan dukungan yang positif untuk menjadikan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.

Dalam suatu perlombaan pasti ada yang berhasil menjadi pemenang dan ada yang belum berhasil. Bagi peserta yang nantinya menjadi pemenang saya ucapkan selamat, terus gali kemampuan dan kreatifitasnya, begitu juga kepada peserta yang nanti belum berhasil menjadi pemenang, jangan berkecil hati, anggaplah lomba kali ini sebagai uji coba kemampuan untuk dapat mengikuti lomba yang akan datang.

Untuk kita ketahui bersama, yang menjadi pemenang pertama akan diikutkan lomba di tingkat Provinsi Sumatera Selatan, dengan berbentuk videonya saja.

Plh Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah., Menyampaikan selamat datang kepada para peserta lomba dan pendamping pada cara ini, dan ucapan terima kasih kepada panitia yang telah bekerja dan mempersiapkan segala sesuatunya sehingga kegiatan ini dapat berlangsung dan berjalan dengan baik.

Pendidikan Anak Usia Dini merupakan salah satu kebijakan strategis dalam pembangunan sumber daya manusia, mengingat bahwa usia dini ini merupakan masa keemasan (the golden age), namun sekaligus sebagai periode yang sangat kritis dalam tahap perkembangan manusia.

Pertumbuhan dan perkembangan anak pada usia dini sangat menentukan derajat kualitas kesehatan, intelegensi, kematangan emosional dan produktivitas manusia pada tahap berikutnya.

Dengan demikian, pengembangan anak usia dini, merupakan investasi sangat penting bagi sumber daya manusia yang berkualitas.

Oleh karenanya, jika perhatian terhadap anak usia dini sangat kurang, dapat berakibat keterlambatan atau penyimpangan tumbuh kembang anak yang sulit diperbaiki atau dikejar. Hal ini berarti sangat merugikan perkembangan intelegensi anak dimasa depan.

Tujuan pelaksanaan ajang lomba tari kreasi anak usia dini adalah, untuk meningkatkan motivasi bermain dan belajar bagi anak usia dini, mengembangkan bakat dan kreativitas anak usia dini Kabupaten OKU, memperkenalkan anak pada akar budaya bangsa, menumbuhkan rasa percaya diri pada anak, memberikan kesempatan kepada anak untuk berkreasi, menumbuh kembangkan bakat dan potensi anak sejak usia dini.

Dengan adanya lomba tari kreasi anak usia dini tahun 2022 ini, semoga anak anak dapat terfasilitasi potensi minat dan bakatnya, sehingga menjadi generasi penerus kepemimpinan di negeri ini.

Turut hadir, PLT Kadin Diknas,
Kadin PPPA, PLH
Ketua TP PKK OKU sekaligus Bunda PAUD Kabupaten OKU, Ketua Dharma Wanita Persatuan OKU, Ketua IKATRI OKU, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, Ketua Bhayangkari OKU, Penasehat PKK, Bunda Paud Se-Kab OKU, serta Undangan Lainnya.

 

( Alv )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *