Memasuki Hari Ke-9 Puasa, Stok Darah PMI Kabupaten Pemalang Masih Aman

Daerah319 Dilihat

 

๐—ฅ๐—ฒ๐—ณ๐—ผ๐—ฟ๐—บ๐—ฎ๐˜€๐—ถ๐—ฎ๐—ธ๐˜๐˜‚๐—ฎ๐—น.๐—ฐ๐—ผ๐—บ-Pemalang//JATENG, Memasuki hari ke 9 bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah, stok darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pemalang saat ini masih aman. Meskipun demikian PMI terus berupaya untuk menambah ketersediaan darah.

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Pemalang, dr. Rosita mengatakan, stok darah di bulan ramadhan kali ini masih aman.

“Saat ini masih aman, setiap hari ada kegiatan mobile unit malam hari mengikuti kegiatan tarawih keliling dan sudah terjadwal untuk kegiatan donor selama bulan suci Ramadhan”, kata dr. Rosita saat di konfirmasi via chat whatsapp, pada Senin (11/4/2022)

Meskipun stok darah masih aman, PMI Kabupaten Pemalang tidak lantas kendor untuk terus menggalakkan donor darah, di bulan Ramadhan kali ini ada beberapa strategi, selain pelayanan di Unit Donor Darah (UDD) yang dimulai buka setiap hari mulai pukul 08:00-23:00 WIB, juga melakukan mobile unit atau jemput bola pada malam hari mengikuti kegiatan shalat tarawih selama bulan suci Ramadhan.

dr. Rosita juga mengatakan, bahwa jumlah stok kantong darah sesuai data pada tanggal 11 April 2022, saat ini terdapat 211 kantong darah siap pakai yang di tersimpan di PMI Kabupaten Pemalang, yang terbagi dalam produk Whole Blod, Packed Red Cell, dan Trombocyte dengan rincian 41 kantong golongan darah A, 46 kantong golongan B, 54 kantong golongan AB, 28 kantong golongan O.

dr. Rosita berharap agar pendonor darah sukarela di bulan suci Ramadhan semakin meningkat sehingga stok darah aman sampai hari lebaran nanti, serta pelayanan darah bisa lebih baik lagi.

 

(Usman-RA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *