Cek Situasi dan Kondisi Perairan Personil Sat Pol Airud Hentikan Kapal Tanpa Nama yang Keluar dari Wilayah Kota Tanjung Balai

TNI/Polri402 Dilihat

 

Reformasiaktual.com//TANJUNG BALAI-  Untuk mewujudkan situasi dan kondisi Kamtibmas di wilayah hukum perairan Tanjung Balai-Asahan yang kondusif, personil Sat Pol Airud Polres Tanjung Balai melaksanakan kegiatan patroli dan melaksanakan tugas Polmas Perairan dengan Publik Speaking menggunakan Kapal Patroli KP II-2027 yang di awaki oleh team regu II Bripka A.S.Damanik bersama Bripka Juanda, Jum’at ( 15/04/2022 ) pukul 03:30 Wib.

Publik Speaking dilakukan berupa himbauan Keselamatan Berlayar agar terlebih dahulu periksa mesin, melengkapi dan membawa dokumen kapal, melengkapi dan membawa alat-alat keselamatan berlayar seperti Jaket Pelampung, Ring boy, Apar dan Kotak P3K.

Personil Sat Pol Airud juga mengajak masyarakat nelayan untuk menjadi Mitra Polri dalam memelihara situasi Kamtibmas dengan memberikan informasi jika ada mengetahui pelanggaran atau kejahatan seperti :
– Ilegal fishing, TKI Ilegal yang keluar atau masuk dengan cara menumpang di kapal, – barang2 illegal seperti Ballpress dan Narkoba.

Juga melaksanakan sosialisasi tentang pencegahan penularan virus corona kepada masyarakat awak kapal nelayan Kota Tanjung Balai agar tetap mentaati himbauan pemerintah tentang prokes seperti Memakai masker yang benar, Menjaga Jarak 1,5 meter dari sesamanya, Mencuci tangan menggunakan Sabun dengan Air bersih yang mengalir, Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobilitas diluar rumah.
Serta menerapkan Pola makanan sehat dan istirahat yang teratur dan menerima Vaksin untuk mencegah Covid-19.

Kasat Pol Airud Polres Tanjung Balai
AKP T. Sianturi mengatakan
“Pada hari Jum’at tanggal 15 April 2022, Pukul 03.30 Wib, Kapal Patroli KP. II- 2027 Sat Pol Airud Polres Tanjung Balai
diawaki team regu II Bripka A.S. Damanik dan Bripka Juanda melakukan pengejaran satu unit kapal yang datang dari laut tujuan Tanjung Balai di posisi/koordinat N  =   2°   58′   23.8742″
E  = 99°   49′    28.6274″,” Kata Kasat Jumat Sore.

“Kapal tersebut dapat dihentikan dan sebelum melakukan Pemeriksaan kapal, Petugas patroli melakukan cek Suhu tubuh awak kapal dengan menggunakan alat Termo Scan.
Hasil pemeriksaan kapal adapun diketahui nama kapal tersebut adalah Tanpa nama dan Tanda Selar, GT. –  No. – yang dinakhodai oleh Daham,
Datang dari laut tujuan Tanjung Balai. Dokumen kapal tidak lengkap. Selanjutnya kepada nahkoda diberi peringatan, himbauan dan arahan untuk selalu waspada, menjaga keselamatan berlayar dan berkerja di laut,” imbuh AKP T Sianturi.

“Jumlah Abk / penumpang 3 orang, Muatan kapal fiber berisi ikan dan tidak ada di temukan barang-barang yang ilegal atau yang melanggar hukum.

SAR  Nihil.
Banfas Nihil.
Pam Hot Spot  Nihil.
Quick Wins Nihil.
Harwat kapal Nihil. Giat lainnya Nihil.,” tukas Kasat Pol Airud Polres.

 

S T H

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *