DESA CIBULAN JADI DESA PERCOTOHAN DI KABUPATEN MAJALENGKA

Daerah1130 Dilihat

 

Reformasiaktual.com//MAJALENGKA- Sejumlah Warga Desa Cibulan Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka, mengapresiasi kinerja Kepala Desa Cibulan Ade Mutolib Sp,d selama kepemimpinannya terus membangun Desa secara transparansi serta melakukan pemberdayaan masyarakat.

Warga menilai Ade Mutolib Sp,d selama menjadi kepala desa banyak kegiatan yang menyentuh masyarakat dan membawa Desa Cibulan yang lebih baik, pasalnya, banyak terobosan program-program baru yang dibuat oleh Kades Cibulan.

Tak hanya itu, Dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan sumber dana pembangunan insfrastruktur, baik dari Dana Desa ( DD ) ataupun Bantuan Gubernur/IF, Pemerintah Desa Cibulan sudah merealisasikannya dan tidak ada masalah.

Desa Cibulan hingga saat ini terus melakukan langkah-langkah pembangunan ke arah kemandirian.
Desa yang terletak di Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat ini dipimpin oleh Ade mutolib Sp,d selaku kepala desa (Kades).
Ditemui di sela-sela kesibukannya oleh Wartawan Reformasiaktual pada Rabu (27/4/2020), Ade mutolib Sp,d menjelaskan banyak hal terkait pembangunan yang digiatkannya di Desa Cibulan Kecamatan Lemahsugih

Tahun ini, Ade mutolib Sp,d telah memasuki tahun ke-3 (periode kesatu) kepemimpinannya sebagai Kades di Desa Cibulan yang
mayoritas atau sekitar 70 persen adalah petani, dan selebihnya adalah wiraswasta atau bergerak di bidang perdagangan.
Dengan kondisi penduduk yang mayoritas sebagai petani itu, Ade mutolib Sp,d mengaku memasukkan program kerja bidang pertanian sebagai salah satu skala prioritas.
Sayangnya, ada beberapa program kerja terkait penanganan bidang pertanian itu, sejauh ini belum bisa terlaksana dengan baik lantaran belum mendapat restu dari pemerintah atas.
Ade M.membeberkan beberapa rencana program kerja yang dimaksud tersebut.
Yakni, pembangunan irigasi yang masih kurang, serta penanganan lahan persawahan tadah hujan saat ini masih belum terealisasi. “Kami selalu gagal dalam hal pengusulan percetakan sawah baru

Ade mutolib juga melakukan berbagai upaya pembangunan ke arah kemandirian agar ekonomi masyarakat di Desa Cibulan ini dapat mengalami peningkatan.
Dan untuk memperlancar mobilitas ekonomi di desanya, Ade mutolib Sp,d mengaku telah membuka dan membangun 4 jalan lorong sebagai akses perkebunan dan perluasan pemukiman.
Selain itu, untuk kepentingan petani dalam menunjang produktivitas pertanian, Ade mutolib Sp,d telah melakukan berbagai hal. “Karena mayoritas petani, kita terus berupaya melengkapi saluran-saluran irigasi,” katanya.
Menurut Ade M kesejahteraan rakyat sangat terkait dengan ketersediaan infrastruktur serta sarana dan prasarana penunjangnya.
“Kami di sini melengkapi semaksimal mungkin pembangunan infrastruktur. Baik infrastruktur ekonomi, pemerintahan, maupun fasilitas-fasilitas lainnya, seperti pendidikan dan kepemudaan,”

melakukan pembangunan ke arah kemandirian sesuai dengan visi dan misi pemerintahan desa.Cibulan
Ade ,M menyebutkan visi-misi yang telah di tuangkan ke dalam RPJMDes Cibulan Yakni, visi: “Menuju masyarakat desa yang maju, mandiri, cerdas dan bersih”.
Sedangkan misi yang diemban adalah:
Membangun tata pemerintahan yang baik dengan bersendikan pada prinsip keterbukaan, tanggungjawab, saling percaya dan partisipasi masyarakat.
Dapat memanfaatkan Sumber Daya Alam dan Sumber Daya manusia ujar Ade,mutolib Sp,d.

 

Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *