Diduga Anggaran Pemeliharaan dari Dana BOS tidak Direalisasikan, SDN Cibatutiga Terkesan Kumuh

Daerah785 Dilihat

 

Reformasiaktual.com//BOGOR- Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) adalah program yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk membantu sekolah-sekolah di Indonesia agar dapat melaksanakan kegiatan belajar yang lebih baik bagi siswa dalam bentuk hibah,

Komponen penggunaan Dana BOS Reguler meliputi:

  1. penerimaan Peserta Didik baru;
  2. pengembangan perpustakaan;
  3. pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler;
  4. pelaksanaan kegiatan asesmen dan evaluasi pembelajaran;
  5. pelaksanaan administrasi kegiatan sekolah;
  6. pengembangan profesi guru dan tenaga kependidikan;
  7. pembiayaan langganan daya dan jasa;
  8. pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah;
  9. penyediaan alat multimedia pembelajaran;
  10. penyelenggaraan kegiatan peningkatan kompetensi keahlian;
  11. penyelenggaraan kegiatan dalam mendukung keterserapan lulusan; dan/atau
  12. pembayaran honor.

 

Namun sungguh miris, lagi-lagi dunia pendidikan yang menjadi sorotan publik dan menjadi pasilitas belajar mengajar kini harus sirna usang dimakan usia. Akibat minimnya perawatan Sarana dan Prasana Sekolah dan kemanakah larinya anggaran dari pemerintah, sorotan citra buruk pada dunia pendidikan saat ini mulai terlihat, namun pada sebagian titik saja. Cara oknum melakukan korupsi dan gunting-gunting anggaran kucuran dari berbagai kucuran anggaran pemerintah pusat.

Salah satunya dalam pengelolaan anggaran Dana BOS. Pembuktiannya adalah fakta terlihat jelas disekolah, jika penggunaan anggaran tidak tepat sasaran atau memang tidak di aplikasikan.

Jika keadaan sekolah tampak hancur (jorok), tidak terawat dan terlihat jelas dari berbagai sudut. Mulai dari halaman sekolah bongkor, cat tembok ruang kelas mengelupas, dan sebagian kaca pecah. Sehingga menimbulkan kecurigaan, kemana  anggaran bantuan Dana BOS dari pemerintah tersebut.

Kali ini, fakta buruk terjadi di SDN Cibatutiga Alamat Kp Nameng Rt 003/002 Desa Bantarkuning
Kecamatan Cariu Kabupaten Bogor. Saat hendak di ditemui di sekolah, Kepala Sekolah Endin Hendarlin SPd MM beliau sedang tidak berada di sekolah. Salah satu dewan guru mengatakan, jika  Kepsek sedang dinas luar.
Selain itu, melihat buruknya keadaan sekolah tanpa ada perawatan dikemanakan anggaran untuk komponen pemeliharaan buat sarana dan prasarana dari dana BOS .

Sampai berita diterbitkan pihak sekolah SDN Cibatutiga belum memberikan penjelasan terkait alokasi anggaran pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah.

 

( Dedi )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *