Dinkes Pemalang Belum Ada Laporan Terkait Hepatitis Akut Namun Tetap Waspada dan Jangan Panik

Daerah413 Dilihat

𝗥𝗲𝗳𝗼𝗿𝗺𝗮𝘀𝗶𝗮𝗸𝘁𝘂𝗮𝗹.𝗰𝗼𝗺-Pemalang//JATENG- Pandemi covid-19 belum saja berakhir, kini masyarakat Indonesia digemparkan lagi dengan fenomena penyakit Hepatitis akut berat yang belum diketahui penyebabnya. Namun begitu, Pemerintah Kabupaten Pemalang menghimbau masyarakat tetap waspada dan jangan panik.

Melalui Efidiomolog Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pemalang Eri Endrasmoko, SKM mengatakan sejauh ini belum ada laporan yang masuk terkait kasus Hepatitis.

“Untuk di Pemalang dan Jawa Tengah belum ada laporan terkait kasus Hepatitis akut berat”, kata Eri Endrasmoko saat ditemui dikantor Dinkes Kabupaten Pemalang pada Selasa (10/5/2022).

Eri Endrasmoko menjelaskan bahwa tadi pagi juga ada meeting dengan Kepala Dinkes Provinsi Jawa Tengah dan juga narasumbernya dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Jawa Tengah mengatakan hal yang sama bahwa belum ada laporan kasus terkait Hepatitis akut berat.

“Saat ini kami Dinkes Kabupaten Pemalang diminta untuk tetap waspada dan menunggu petunjuk lebih lanjut”, terang Eri Endrasmoko

Lebih lanjut, Eri Endrasmoko menuturkan pihaknya meminta seluruh puskesmas maupun rumah sakit,  kepala laboratorium kesehatan setempat waspada secara dini dalam mengenai kejadian tersebut.

“Kami sudah menghimbau kepada surveilans di puskesmas maupun di RS untuk waspada dan siap siaga merespons kejadian Acute Hepatitis Of Unknown Aetiology itu,” Pungkasnya

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghimbau kepada masyarakat yang ada di Jawa Tengah aktif mencegah hepatitis dengan menjalankan prokes dan perilaku hidup bersih dan sehat. Selain itu, juga meminta untuk mempercepat pelaksanaan imunisasi bagi anak-anak.

“Cuci tangan ya kalau perlu enggak di tempat-tempat yang berkerumun dalam keramaian, apalagi mereka yang balita-balita ini kan baru imunisasi-imunisasi yah, dan imunisasinya kita minta agar segera selengkap mungkin, dilakukan percepatan,” terang Ganjar.

 

(USMAN-RA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *