Bupati Bersama Dandim 0711/Pemalang Apresiasi Setinggi-tinginya Desa Banjardawa Saat Pencanangan Kampung Pancasila

Daerah678 Dilihat

 

𝗥𝗲𝗳𝗼𝗿𝗺𝗮𝘀𝗶𝗮𝗸𝘁𝘂𝗮𝗹.𝗰𝗼𝗺-Pemalang//JATENG, Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, S.T, M.Si bersama Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Roihan Hidayatullah, S.Sos, M. Tr (Han) meresmikan Desa Banjardawa Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang Jawa Tengah, sebagai Kampung Pancasila.

Peresmian itu berlangsung di Aula Pendopo Balai Desa Banjardawa pada Kamis (12/5/2022) yang disaksikan sejumlah pejabat antara lain Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo, Ketua Komisi C DPRD Pemalang Renaldi Firdaus Kautsar, Kajari Pemalang, Sekda Pemalang, Kepala Kesbangpol, Danramil Se-Kabupaten Pemalang, Kepala Desa Se Kecamatan Taman, jajaran Forkopimcam, ormas, serta tokoh agama, pemuda dan masyarakat.

Dandim Letkol Inf Roihan Hidayatullah menerangkan terpilihnya Desa Banjardawa ini sebagai Kampung Pancasila karena melihat dari segi kultur masyarakatnya yang representasi dan mereka siap all-out untuk sebagai role model mewakili Kampung-kampung lainnya Sekecamatan Taman Kabupaten Pemalang .

“Selain di Desa Banjardawa, Kampung Pancasila ini sudah kita laksanakan di 13 Kecamatan di Kabupaten Pemalang”, terang Dandim.

Adapun tujuan pencanangan Kampung Pancasila ini, Dandim mengatakan bahwa untuk menanamkan serta melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara khususnya untuk generasi muda dan menangkal segala bentuk macam aksi dan upaya terorisme, radikalisme, serta tindakan lainnya yang bersifat intoleransi

Sementara itu, Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo mengapresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah Desa Banjardawa khususnya masyarakat Banjardawa atas terpilih Desanya dicanangkan Kampung Pancasila.

Selain itu, Bupati juga menuturkan upaya tersebut juga termasuk dalam gerakan cinta tanah air serta peduli dan bangga Pemalang.

“Saya lihat ini sangat bagus dari semua usia dilibatkan mulai anak usia dini sampai para lansia ikut berpartisipasi dalam gerakan kampung Pancasila.Harapan saya usaha kita bersama itu bisa menjadi salah satu kebanggaan masyarakat bahwa Pemalang memiliki banyak keistimewaan dan membangun rasa Peduli dan Bangga Pemalang”, pungkas Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Banjardawa Sukendar, S.Pd mengatakan mewakili pemerintah Desa Banjardawa khususnya masyarakat sangat senang bangga sekali kami di percaya oleh Pak Dandim Pemalang melalui Danramil Taman Kapten CBA Sutiono Acong bahwa Desa kami Banjardawa terpilih menjadi Kampung Pancasila.

“Terpilih desa kami menjadi Kampung Pancasila, kami akan melaksanakan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab”, tutur Sukendar yang juga Ketua Simongklang Desa Sekecamatan Taman.

Sukendar juga menambahkan bahwa dicanangkannya Kampung Pancasila di Desanya sebagai reaktualaisasi nilai-nilai Pancasila dimana sedikit terkikis sehingga sangat berpengaruh didalam kehidupan warga masyarakat di Indonesia.

“Alhamdulillah saat ini Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan memasukan kembali Pancasila kedalam kurikulum mudah-mudahan lewat kegiatan Kampung Pancasila ini bisa kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari”, pungkas Sukendar.

 

(USMAN-RA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *