IWP Jawa Timur  Gelar Rakor Bersama Dewan Penasehat dan Pembina 

Lembaga322 Dilihat

 

Reformasiaktual.com//PROBOLINGGO – Ikatan Wartawan Probolinggo Jawa Timur menggelar rapat koordinasi yang di pimpin langsung oleh penasehat IWP, H. Ilyas, SH. yang bertempat di Aula kantor Sekertariat IWP, jl. Raya Surabaya- Situbondo, depan Pasar Sehat Paiton Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa timur.Jum’at, 03/06/2022.

Hadir pula beberapa Dewan Penasehat dalam acara rapat koordinasi IWP, Ikatan Wartawan Probolinggo, Sakarsaning Pasti, SH. ABdul Ghani, SH. Serta beberapa Dewan pembina IWP Ikatan Wartawan Probolinggo, diantaranya Dedy Mistariyanto, SH. Eko Putu Gede SE, H. M. Saudi Hasyim Jahur. Dan Mujianto. Selain mempererat silahturahmi dengan Ikatan Wartawan Probolinggo rakor tersebut juga membahas beberapa agenda yakni evaluasi kegiatan pertemuan rutin, dan pembagian sosial yang sudah berjalan sepanjang tahun 2022, sharing pengalaman, rencana kegiatan 2022, serta komitmen bersama dengan instansi terkait dengan wartawan.

H. Ilyas, SH., saat memimpin rakor, mengapresiasi  peran Jurnalis di Kabupaten Probolinggo baik itu media cetak, elektronik, maupun media online, atas peran mereka selama ini yang telah mempublikasikan segala bentuk kegiatan pemerintahan, maupun hal menarik lainya di wilayah Probolinggo pada khususnya.

Lebih lanjut, jika ada temuan permasalahan di lapangan kita wajib bersikap netral tanpa menjastist seseorang, karena profesi seorang jurnalis bersifat independent,” pungkasnya.

H.M. Saudi Hasyim Jahur, memberikan wejangan kepada jurnalis yang tergabung dalam wadah organisasi “IWP” Jawa Timur, Jurnalis selain sebagai bentuk penyebaran informasi ke publik juga sebagai fungsi kontrol yang sangat dibutuhkan untuk membangun bangsa Indonesia ini, wabil khusus Kabupaten Probolinggo yang sama – sama kita cintai ini

Selain itu Jurnalis mempunyai tanggung jawab besar terhadap publik selain menyajikan berita jurnalis juga harus menjalin kemitraan dengan pemerintah daerah tanpa harus mengurangi indenpendensi wartawan dalam melaksanakan tugasnya.
Salah satu hal yang disepakati dalam rakor tersebut yakni, kegiatan sosial atau membagikan paket sembako kepada warga yang membutuhkan terutama lansia dan anak yatim.

IWP sebagai wadah untuk menampung informasi atau berita dari wartawan, terutama media online untuk selanjutnya dibacakan atau disebarkan melalui program IWP, dalam berita, sehingga informasi yang di sebarkan kepada pendengar benar-benar up to date dan terkini.

Sementara itu pada sesi dialog, antara Dewan penasehat IWP, Dewan pembina IWP dan wartawan media Kata Jatim “Syahroni, mengusulkan kepada kepada ketua IWP “Ibrahim, agar menyiapkan pengajuan konfrensi pers bagi wartawan, selain untuk memudahkan koordinasi dengan dinas, juga untuk kelancaran wartawan dalam mengolah dan membuat berita, terutama dalam hal pemanfaatan fasilitas internet.

Syahroni, mmengajak beberapa wartawan lainnya juga mengusulkan agar advetorial tidak hanya dimonopoli oleh media tertentu tapi, ada asas pemerataan dalam hal kerjasama dengan media.

(Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *