Lagi, Polsek Padang Bolak Jinakkan 2 Hektare Lahan yang Terbakar

TNI/Polri333 Dilihat

 

Reformasiaktual.com//PADANG LAWAS UTARA-Jajaran personel Polsek Padang Bolak, Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), kembali berjibaku dalam memadamkan kobaran api di sebidang lahan di Desa Siunggam Tonga, Kecamatan Padang Bolak Tenggara, Kabupaten Padang Lawas Utara, Sabtu (4/6/2022) sekira pukul 21.30 WIB.

Meski berlangsung malam hari, personel Polsek Padang Bolak bersama Manggala Agni, Kepala Desa Siunggam Tonga, serta masyarakat setempat, tampak berupaya semaksimal mungkin guna memadamkan api.

Kapolsek Padang Bolak, AKP Zulfikar, pada Minggu (5/6/2022) pagi, menerangkan, semula pihaknya mendapat informasi dari Kepala Desa Siunggam Tonga, bahwa telah terjadi kebakaran lahan.

Sekitar seperempat jam menyisir lokasi di sekitar Desa Siunggam Tonga, sambung Kapolsek, petugas akhirnya menemukan titik api. Tanpa buang waktu, petugas pun berupaya memadamkan api dengan alat seadanya.

“Berkat kerja keras dari semua pihak yang terlibat dalam pemadaman, api yang membakar lahan dengan luas lebih kurang 2 Hektare itu kini berhasil dijinakkan,” kata Kapolsek.

Kapolsek menjelaskan, adapun lahan yang terbakar itu merupakan tanah hutan bukit-bukit dengan medan terjal serta ditumbuhi rumput ilalang. Dugaan sementara, api muncul akibat panasnya di tengah musim kemarau saat ini.

“Sehingga, api dengan mudah menyulut lahan yang ditumbuhi rumput ilalang,” tambah Kapolsek seraya menyebutkan, bahwa saat ini kondisi di lokasi kebakaran aman dan kondusif.

Kapolsek menghimbau kepada segenap masyarakat yang bermukim di sekitar kawasan hutan agar tetap waspada serta menghindari perbuatan yang dapat memicu kebakaran. Pihaknya, juga menghimbau masyarakat agar jangan membuka lahan dengan cara dibakar.

“Sebab, selain membahayakan diri sendiri, tentunya perbuatan tersebut dikuatirkan juga dapat membahayakan orang lain,” tandas Kapolsek mengakhiri.

 

AKS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *