Direksi PD Parkir di Tambah Dua, PDAM 1

Daerah790 Dilihat

 

 

Reformasiaktual.com//Makassar (Sulsel) -Pemerintah Kota Makassar akhirnya memutuskan untuk menambah komposisi direksi dan Dewan Pengawas (Dewas) di beberapa Perusahaan Daerah (Perusda) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Hal itu dilakukan di saat hasil lelang atau seleksi direksi dan Dewas akan diumumkan.

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, mengatakan keputusan untuk menambah komposisi itu dilakukan setelah melalui pengkajian. Untuk posisi direksi PDAM yang semula hanya empat menjadi lima. Sementara PD Parkir yang semula tiga direksi, ditambah menjadi lima.

Untuk PD Terminal yang hanya dua menjadi tiga, PD Pasar dari tiga menjadi lima. Sementara Rumah Potong Hewan (RPH) dari dua menjadi tiga. Sedangkan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang semula dua menjadi tiga.

Danny mengatakan, penambahkan komposisi jabatan direksi itu berdasarkan kebutuhan saat ini. Yang jadi persoalan, penambahan jajaran direksi tersebut dinilai lemah karena tidak didasari oleh regulasi. Karena selama ini, yang menjadi acuan dalam menentukan komposisi direksi adalah Peraturan Daerah (Perda) dan Perwali.
Namun itu tidak menjadi kendala bagi Danny. Dia menyiasatinya dengan menjadikan penjabat (pj) untuk tambahan direksi yang ada.
“Kan Perwalinya belum ada. Sementara disusun. Jadi status direksi yang ditambahkan adalah pj sampai ada aturan yang mengikat baru kita lantik sebagai direksi definitif,” ungkap Danny.
Untuk posisi Dewas, akan mengikut dengan jumlah direksi. Jadi jika direksi lima, maka dewas maksimal bisa lima orang.
Sejauh ini, tim seleksi sudah merampungkan seluruh tahapan seleksi. Namun Danny masih enggan membuka skoring nilai yang diserahkan timsel kepadanya. Baik hasil CAT, psikotest dan wawancara. Dia berjanji akan mengumumkan hasil skoring tersebut secara transparan untuk selanjutnya mereka yang terpilih bakal dilantik.

Tapi soal waktu pelantikan, menurut Danny, pihaknya belum bisa memastikan kapan akan dilaksanakan. Namun kecil kemungkinan jika pengumuman dan pelantikan direksi serta dewas BUMD dilakukan pekan ini. Pasalnya, semua agenda wali kota berada di luar daerah.
Senin (13/6) kemarin, wali kota beserta istri melayat ke Pakuan, Bandung atas meninggalkan Emeril Kahn Mumtadz, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Selanjutnya, Danny akan bertolak ke Jakarta untuk beberapa urusan. Pada Sabtu akhir pekan ini, dia akan menghadiri kegiatan Temu Nasional (Tenas) alumni SMAN 1 Makassar. “Tunggumi dalam waktu dekat. Bisa dilakukan setelah saya kembali dari luar kota,” ungkap Danny.

Sebelumnya, ada 89 peserta lelang jabatan BUMD yang lolos administrasi. Di antaranya 45 calon direksi dan 44 calon dewas di enam BUMD. Yakni Perumda Air Minum Makassar, PD Parkir, PD Pasar, PD Terminal, RPH dan BPR.
Lebih rinci calon direksi PDAM yang lolos 13 dari 16 pendaftar. Dewas 15 dari 21 yang mendaftar. Untuk PD Parkir, 11 calon direksi lolos dari 14 pendaftar, dan delapan dewas dari 11 pendaftar.

Selanjutnya di PD Pasar, 10 calon direksi yang lolos dari 13 pendaftar, dan juga 10 calon dewas yang lolos dari 15 pendaftar.
Di PD terminal enam peserta lelang direksi yang mendaftar lolos secara keseluruhan dan tiga dewas yang lolos dari lima pendaftar. Terakhir, PD RPH tiga calon direksi dari delapan pendaftar, dan tiga calon dewas dari enam pendaftar. Kemudian BPR, dua calon direksi dan lima calon dewas.

(*Zul )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *