LSM Lacak Apresiasi Kerja Cepat Pemdes dan Masyarakat Mandiodo

DESA364 Dilihat

 

Reformasiaktual.com//
Konut – Gerak cepat dan solutif dilakukan Pemerintah Desa Mandiodo dan masyarakat setempat melakukan pembongkaran duiker yang terletak pada Dusun I Desa Mandiodo Kecamatan Molawe.

Pasalnya, keberadaan duiker diwilayah itu membuat penyempitan distribusi air hingga tak maksimal mengalir sampai ke pembuangan akhir, akibat gorong-gorong duiker terlalu kecil.

Hal tersebut mendapat apresiasi Ketua LSM Lacak, Suhardin. Menurutnya, langkah yang diambil oleh Pemdes dan warga setempat merupakan tindakan bijak untuk mengurai genangan air bila musim hujan tiba, agar tak mengular kepemukiman warga.

“Tindakan tersebut merupakan langkah bijak dan solutif. Dari pada dibiarkan akan berdampak negatif terhadap pemukiman warga. Bilamana air tergenang dan tersumbat, pasti airnya mengarah kepemukiman penduduk. Saya kira hal ini wajar, menyelamatkan warga dari banjir yang disebabkan penyempitan gorong-gorong duiker,”kata Ketua LSM Lacak, Suhardin.

Kades Mandiodo, Slamet Riyadi, menuturkan inisiatif pembongkaran duiker tak lain untuk mempermudah akses distribusi air mengalir lebih cepat dan tidak mengalami genangan air yang mengancam

“Tindakan yang kami lakukan ini secara spontan, karena melihat kondisi air makin lama makin tinggi, apabila dibiarkan terus menerus maka warga yang bermukim di dusun 1 akan kebanjiran. Makanya saya instruksikan seluruh perangkat desa dan masyarakat untuk membobol duiker agar air yang tergenang di sekitaran kantor desa dan rumah warga cepat surut. Alhamdulillah, setelah duiker dibongkar oleh warga sudah tidak ada lagi air yang tergenang,”katanya.

Slamet menuturkan porsi anggaran perbaikan duiker yang telah dibongkar tak bisa dicover melului dana desa (DD) APBN 2022, mengingat ploting anggaran telah terbagi sesuai dengan porsi anggaran yang telah ditetapkan. Sang Kades harus memutar otak untuk membenahi kembali duiker agar lebih memadai.

Kades Mandiodo lantas mengundang seluruh aparat, BPD, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan pihak perusahaan yang beraktivitas diblok Mandiodo untuk mengadakan rapat mencari solusi. Supaya duiker dapat terbangun cepat dan berfungsi lebih maksimal.

“Dalam rapat tersebut sudah ada kesepakatan yang dituangkan melalui berita acara, bahwa perusahaan bersedia membantu Pemdes dan masyarakat secara suka rela untuk membangun kembali duiker tersebut,”ujarnya.

Ketua BPD Mandiodo, Faisal mengungkapkan rasa syukur kepada pihak perusahaan yang telah berkontribusi dalam perbaikan duiker Desa Mandiodo. “Kami masyarakat Mandiodo bangga karena perusahaan yang berada di blok Mandiodo mau berkontribusi dalam pembangunan duiker. Bukan hanya mengambil sumber daya alam, tetapi melihat kebutuhan masyarakat dan selalu mendukung disetiap kegiatan-kegiatan masyarakat,”ungkapnya

Humas KSO Basman, Leo sala satu perwakilan perusahaan mengatakan akan memberikan kontribusi tehadap masyarakat untuk kepentingan publik. Termasuk kegiatan pembuatan duiker yang dilakukan masyarakat Mandiodo. “Itu sudah tanggung jawab sosial kami sebagai perusahaan yang beroperasi disini,”katanya.

(* Lheo )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *