Kegiatan Karnaval Merdeka Toleransi Sulawesi Selatan, Dihadiri Pangdam XlV/ Hasanuddin

TNI/Polri735 Dilihat

Reformasiaktual.com//Makassar (Sulsel)-Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, S.H., M.H., menghadiri sekaligus melepaskan pelaksanaan kegiatan Karnaval Merdeka Toleransi, sebagai rangkaian kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77, bertempat di Lapangan Karebosi Jl. Ahmad Yani, Kota Makassar. Sabtu (20/08/2022)

Untuk diketahui pelaksanaan karnaval ini merupakan kegiatan yang digagas oleh pihak Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia dan juga sebagai ajang untuk menumbuhkan sikap toleransi beragama bagi masyarakat di tengah keberagaman.

Di awal sambutannya orang nomor satu di Kodam Hasanuddin ini memberikan apresiasi kepada pihak Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan atas prakarsanya menyelenggarakan karnaval, secara bersinergi dengan komponen bangsa lainnya, karena menurutnya kegiatan ini sangat efektif untuk semakin memantapkan sikap toleransi antar sesama.

“Kita harus toleransi dalam perbedaan dimana hal tersebut merupakan bagian dari upaya untuk memupuk kebersamaan dan saling menghormati dalam kebebasan beragama sesuai pasal 19 ayat 2 UUD 1945 yang menyatakan “Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing, dan beribadah menurut agama dan kepercayaannya,” Tandasnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa sejarah telah membuktikan, walaupun berbeda latar belakang, namun dengan persatuan yang kuat, para pahlawan kita berhasil memenangkan peperangan melawan penjajah sehingga bangsa kita merdeka dari penjajahan bangsa asing.

Jenderal bintang dua ini mengharapkan agar kegiatan ini dijadikan sebagai sarana perekat persatuan dan kesatuan untuk bersatu padu menjaga kedaulatan bangsa sehingga negara kita terhindar dari perpecahan dan hal lain yang dapat merusak kesatuan NKRI.

Di akhir sambutannya Pangdam Hasanuddin mengajak untuk menyukseskan pelaksanaan karnaval ini dengan semangat kekeluargaan dan rasa gembira agar kegiatan ini benar-benar dapat memberikan energi yang positif bagi kita semua dalam menciptakan kebersamaan sebagai umat beragama.

“Harapan saya kiranya kegiatan seperti ini dapat terus ditumbuhkembangkan untuk lebih mengoptimalkan kerukunan berbangsa dan bernegara dan saling menghormati antar umat beragama,” Tutupnya.

Turut hadir, Gubernur Sulsel H. Andi Sudirman Sulaiman, S.T., Kapolda Sulsel Irjen Drs. Nana Sujana, M.M., Kasdam Brigjen TNI Dany Budiyanto,
Irdam Brigjen TNI Dwi Endrosasongko, S.Sos, Kapoksahli Brigjen TNI Andi Kaharuddin, S.I.P., M.M., Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Sulsel Drs. Khaeroni, M.Si., Walikota Makassar Ir. H. Mohammad Ramdhan Pomanto, para Asisten, dan para Dan/Kabalakdam XIV/Hasanuddin di wilayah Makassar.

(*Zul )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *