Mulai Dari Longwis Hingga Sekolah, Kesbangpol Kota Makassar Akan Bentuk Agen Narkoba

Daerah262 Dilihat

 

Reformasiaktual.com// Kota Makassar, (Sulsel)- Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Makassar menggelar rapat koordinasi tim pendataan dan penyajian data penguna narkoba. Ini digelar untuk memastikan penguna narkoba di Makassar dapat ditekan.

Rapat ini dilakukan oleh Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Kota Makassar, BNN Sulsel, Satnarkoba Polrestabes Makassar, Pelabuhan, Kejaksaan, hingga sejumlah SKPD terkait.

“Yang penting kita akan mengimplementasikan dan menjabarkan Inpres Nomor 2 tahun 2020 rencana aksi P4GN,” kata Kepala Kesbangpol Makassar, Zainal Ibrahim, dalam keterangannya, Selasa (11/07/2022).

Menurut Zainal, pihaknya akan menyusun rencana tingkat Makassar dengan melibatkan SKPD terkait dengan fungsi dan tanggung jawab dari bahaya penggunaan narkoba.

“Nanti kita akan sinkronkan dengan program Longwis (Lorong Wisata) karena objek diinginkan ada di Lorong Wisata,” jelasnya.

“Ini rapat penting dalam hal program kerja di lapangan sehingga lebih efektif. Kenapa? Karena satu SKPD jalan akan mengikutkan SKPD lain,” tambahnya.

Mantan Kepala Inspektorat Makassar ini akan membuat agen anti narkoba yang akan di bentuk di Longwis hingga sekolah.

“Kita mau rangkul SKPD dan di tahun 2023 membentuk agen anti narkoba di Longwis atau Lorong Wisata dan sekolah-sekolah melibatkan beberapa ormas dan dan lembaga anti narkoba,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perencanaan BNN Sulsel, Andi Irfan, mengatakan pihaknya terus berupa memberantas narkoba dengan menekan peredarannya.

“Penyebaran informasi terkait bahaya narkoba dan masyarakat tahu agar menolak ajakan menyalahgunakan narkoba,” katanya

Lebih lanjut ia juga menekankan pentingnya pembentukan Satgas dan relawan anti narkoba di semua unsur instansi yang ada, termasuk pelayanan ditingkatan paling bawah.

“Di setiap organisasi pemerintah daerah, ini harapan dengan terbentuknya atau satgas narkoba di lingkungan, berharap menyebarluaskan kepada lingkungan mulai kelompok arisan, rapat-rapat tokoh masyarakat hingga RT/RW,” ucapnya.

(*Zul*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *